TATHWIR MAWAD LIMAHARAH AL KALAM ALA ASASI THORIQOH MUBASHARAH LITHOLABAH AL MADRASAH AL IBTIDA’IYAH AL MANSYUR BANJARPERTAPAN TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Farichatun (2016) TATHWIR MAWAD LIMAHARAH AL KALAM ALA ASASI THORIQOH MUBASHARAH LITHOLABAH AL MADRASAH AL IBTIDA’IYAH AL MANSYUR BANJARPERTAPAN TAMAN SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara termasuk bagian penting dan merupakan tujuan terpenting dalam kurikulum pengajaran dan pembelajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab), oleh sebab itu maka pembelajaran keterampilan berbicara haruslah diperhatikan dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Berkenaan dengan pentingnya pembelajaran keterampilan berbicara tersebut maka kita harus memperhatikan proses pengajarannya. Tetapi peneliti menemukan beberapa masalah dalam proses pembelajaran di MI Al-Mansyur Banjar Pertapan Taman Sidoarjo yakni peneliti menemukan bahwasannya dalam pembelajaran Bahasa Arab tersebut masih banyak menggunakan metode lama (membaca, menerjemah dan menghafalkan). Sedangkan metode ini sudah tidak efektif untuk diterapkan. Padahal metode dalam pembelajaran Bahasa Arab itu sangat banyak. Maka dari itu peneliti dalam Tesis ini menerapkan metode praktek secara langsung dalam kemahiran berbicara, karena tujuan terpenting dari metode ini adalah menekankan pada kemahiran berbicara.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas metode langsung terhadap pembelajaran kemahiran berbicara siswa kelas 4 MI Al-Mansyur dari segi ucapan, penyusunan kalimat, penggunaan kosakata, kelancaran berbicara,dan pemahaman terhadap pertanyaan.
Hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode langsung dalam pengajaran kemahiran berbicara siswa kelas 4 MI Al-Mansyur menghasilkan 1)ucapan yang benar, 2)penyusunan kalimat yang benar, 3)penggunaan kosakata yang sesuai, 4)kelancaran berbicara, 5)pemahaman yang baik terhadap pertanyaan
Penelitian ini penelitian eksperimen satu kelompok (the one group) dengan pendekatan kuantitatif dan dalam penelitian ini terdiri dari 4 langkah 1)penyusunan rencana pengajaran, 2)penerapan metode langsung, 3)observasi, 4)Tes (pre test dan post tesr).
Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa di MI Al-Mansyur Banjar Pertapan Taman Sidoarjo, sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 A yang berjumlah 16 siswa pada tahun ajaran 2015-2016.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, FarichatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Desain materi pengembangan; Ketrampilan berbicara
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:24
Last Modified: 21 Nov 2016 01:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item