I'dad Mawadd Ta'lim Maharah Kalam Li Barnamij Ta'lim Al Lughah Al Arabiyah Al Idhafi : Al Bahts Wa Al Tatwir Ma'a Al Tatbiq Ala Thalabah Al Madrasah Al Tsanawiyah Raudlatul Ulum Klampis Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qumaruzzaman, Qumaruzzaman (2016) I'dad Mawadd Ta'lim Maharah Kalam Li Barnamij Ta'lim Al Lughah Al Arabiyah Al Idhafi : Al Bahts Wa Al Tatwir Ma'a Al Tatbiq Ala Thalabah Al Madrasah Al Tsanawiyah Raudlatul Ulum Klampis Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran merupakan suatu perangkat yang sangat penting dan berpengaruh dalam proses pembelajaran, untuk membantu seorang guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran, maka dari itu seorang guru sebelum menyampaikan materi yang akan disampaikan harus dilihat dahulu apakah sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran atau tidak?. Kebanyakan Pelajar Indonesia merasa kesulitan dalam pembelajaran bahasa arab, Masalah yang dihadapi diantaranya materi pembelajaran yang kurang cocok. Begitu pun diekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Hal yang melatar belakangi penelitian ini, peneliti menemukan beberapa kekurangan, yang seharusnya bisa mendukung motivasi siswa di dalam pembelajaran bahasa arab di antaranya di dalam buku tersebut tidak ada latihan-latihan, tidak ada materi tentang qowa’id, tidak ada permainan-permainan yang seharusnya bisa meningkatkan motivasi siswa di dalam pembelajaran bahasa arab di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maka peneliti berusaha mengembangkan materi ajar yang sesuai yang bisa meningkatkan motivasi siswa di dalam pembelajaran bahasa arab di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan penelitian pengembangan. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengembangan materi pembelajaran di di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk siswa di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis. Peneliti menggunakan pre-test dan post-test. Dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapatkan siswa pre-test 66,48 dan post-test 73,79. Dan peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan anatara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan anatara pre-test dan post-test. Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar dari T-Tabel (3,321 > 2,045), maka terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test. Maka terdapat efektifitas pengembangan materi ajar dalam pengembangan kompetensi berbicara dalam pembelajaran bahasa arab di ekstra kurikuler MTs Raudlatul Ulum Klampis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qumaruzzaman, Qumaruzzamanqomaruzzaman.61@gmail.comF09041060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qumaruzzaman Qumaruzzaman
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:38
Last Modified: 13 Jan 2020 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14396

Actions (login required)

View Item View Item