IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BALEN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriyani, Lidia (2014) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BALEN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang menganggap bahwa pola pembelajaran yang
diterapkan kurang memberikan kebebasan berpikir, hanya mengejar kurikulum semata, mengajarkan pengetahuan yang sulit dimengerti, tidak mengajarkan keterampilan praktis dan banyak mengasah ranah kognitif saja. Sedangkan ranah
afektif dan psikomotorik jaranf dilibatkan. Selain itu, banyak guru yang cenderung memberikan tugas-tugas yang banyak, dan hanya menuntut mereka agar mengerjakan secara maksimal tanpa memahami keadaan fisik dan psikis mereka
sebagai potensi yang harus dikembangkan. Hal ini dapat dipastikan semangat belajar pun tidak termotivasi dengan baik.
Salah satu upaya guru dalam menanggulangi hal tersebut diatas dengan menggabungkan beberapa strategi pembelajaran, salah satu diantaranya yakni strategi pembelajaran card sort. Strategi ini merupakan kombinasi antara kegiatan
menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan. Perpaduan strategi ini diharapakan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa dalam menguasai materi.
Untuk itulah peneliti ingin menjawab masalah. Pertama, bagaimana implementasi strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 2 Balen. Kedua, bagaimana kompetensi psikomotorik siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Balen. Ketiga, apakah strategi pembelajaran card sort meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Balen.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini.
Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh implementasi strategi
pembelajaran card sort dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa, peneliti menggunakan rumus “uji t”, kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai “t”
pada taraf signifikan 1% dan 5%. Hasilnya t0 telah diperoleh sebesar 54,328782; sedangkan tt = 2.03 dan 2.72, maka t0 lebih besar daripada tt baik pada taraf siginifikan 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian hipotesis alternatif/ Ha yang menyatakan implementasi strategi pembelajaran card sort memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Balen diterima atau disetujui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ilun Muallifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriyani, LidiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Psikomotorik; Strategi Belajar; Pembelajaran; Card Sort
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2015 04:09
Last Modified: 04 Apr 2015 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item