PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI KANDUNGAN SURAT AT TAKASUR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READINGAND COMPOSITION PADA SISWA KELAS V MI MAARIF NU KEDENSARI TANGGULANGIN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Izza (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI KANDUNGAN SURAT AT TAKASUR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READINGAND COMPOSITION PADA SISWA KELAS V MI MAARIF NU KEDENSARI TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman mengenai isi kandungan surat-surat di dalam Al-Qur’an siswa kelas V-B MI Maarif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. Dalam hal ini, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai isi kandungan surat pendek yakni dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni tahap perencanaan, tahap kegiatan, tahap observasi atau pengamatan, dan tahap refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B di MI Maarif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa dalam satu kelas. Untuk rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan pemahaman isi kandungan Surat At-Takasur Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas V MI Maarif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo?, dan (2) Bagaimana peningkatan pemahaman isi kandungan Surat At-Takasur Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas V MI Maarif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. Sedangkan untuk menjawab kedua rumusan masalah yang telah dipaparkan, menggunakan instrumen antara lain: wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Dari analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil, rata-rata nilai kelas pada siklus I adalah 78,04 dan siklus II adalah 90. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 73,91% dan siklus II adalah 82,6%,. Perolehan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 84,31% dan siklus II sebesar 94,11%. Sedangkan perolehan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76,66% dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai isi kandungan surat At-Takasur pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Izzaizzakarimah31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pemahaman; Isi Kandungan Surat At-Takasur; Model Cooperative Integrated Reading and Composition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Karimah Izza
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:34
Last Modified: 28 Feb 2017 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item