Peningkatan pemahaman materi surah al Lahab menggunakan model Time Token kelas IV A MI Bahrul Ulum Wiyung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zeininda, Rikza (2017) Peningkatan pemahaman materi surah al Lahab menggunakan model Time Token kelas IV A MI Bahrul Ulum Wiyung Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dari masalah satu siswa ramai dan mempengaruhi siswa yang lainnya kemudian seluruh siswa ikut ramai sehingga pembelajaran kurang kondusif. Kadang terdapat beberapa siswa yang badmood ketika pembelajaran berlangsung sehingga mempengaruhi teman yang lainnya. Hal ini dapat mempengaruhi pemahaman materi pada siswa. Fokus masalah yang yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan Pemahaman Materi Surah Al-Lahab Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Menggunakan Model Time Token Siswa kelas IV A MI Bahrul Ulum Wiyung Surabaya? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan Model Time Token pada materi Surah Al-Lahab mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas IV A MI Bahrul Ulum Wiyung Surabaya, (2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Surah Al-Lahab dengan menggunakan Model Time Token pada mata plajaran Al-Quran Hadits kelas IV A MI bahrul Ulum Wyung Surabaya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan subyek penelitian kelas IV A MI Bahrul Ulum Wiyung Surabaya yang berjumlah 20 siswa. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan ModelTime Token pada penelitian ini telah dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan siklus II. Hal ini dibuktikan dengan perolehan observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat perolehan sebanyak 70 menjadi 86,36 pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat perolehan sebanyak 69,04 menjadi 89,13 pada siklus II. (2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada materi Surah Al-Lahab dengan kategori baik. hal ini terbukti dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I 71 dengan prosentase 55% sedangkan nilai rata-rata pada siklus II 85 dengan prosentase 80%. Dari hasil akhir tersebut maka pemahaman siswa terhadap materi Surah Al-Lahab pada mata pelajaran Al-Quran Hadits menggunakan Model Time Token siswa kelas IV A MI Bahrul Ulum Wiyung Surabaya mengalami peningkatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zeininda, Rikzarikzazeininda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Pemahaman materi; model pembelajaran; Time Token
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zeininda Rikza
Date Deposited: 03 May 2017 03:59
Last Modified: 25 Aug 2017 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item