تصميم المواد التعليمية لتنمية مهارة الاستماع في اللغة العربيّة لطالبات المدرسة الثانوية واحد هاشم بباغيل – باسوروان بحث تطويري :

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulah, Rizkie (2017) تصميم المواد التعليمية لتنمية مهارة الاستماع في اللغة العربيّة لطالبات المدرسة الثانوية واحد هاشم بباغيل – باسوروان بحث تطويري :. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (703kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (922kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (817kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (651kB)

Abstract

Pembelajaran istima’ memiliki berbagai macam kesulitan di level pelaksanaannya. Sebagaimana di beberapa madrasah ibtidaiyyah pembelajaran istima’ diajarkan bersama dengan pembelajaran qiroah. Bahkan di beberapa perguruan tinggi, pembelajaran istima’ dijadikan bagian dari pembelajaran khithabah. Sedangkan di Madrasah Aliyah di Wahid Hasyim bangil, beberapa siswa belum mampu menguasai pelajaran istima’ dengan baik. Bahkan sebagian mereka belum pernah memperoleh pelajaran istima’. Mereka hanya memperoleh pelajaran bahasa arab yang ditekankan pada keterampilan berbicara, membaca, menulis, dan gramatika. Permasalahan yang memicu sulitnya pembelajaran istima’ ini adalah 1. belum adanya materi ajar keterampilan istima’ yang baik dan mudah dalam pengajarannya. 2. Lemahnya siswi dalam ketrampilan menyimak 3. Tidak adanya buku ajar pelajaran bahasa arab yang memuat pelajaran menyimak dengan mudah Dan ada beberapa tujuan yang diinginkan penulis yaitu : 1. Pengembangan materi ajar didalam pelajaran ketrampilan menyimak siswi kelas I Madrasah Aliyah KHA Wahid Hasyim Bangil. 2. Pengetahuan Experimen Lapangan untuk materi ajar pelajaran ketrampilan menyimak siswi kelas I Madrasah Aliyah KHA Wahid Hasyim Bangil. 3. Pengetahuan Efektifitas materi ajar pelajaran ketrampilan menyimak siswi kelas I Madrasah Aliyah KHA Wahid Hasyim Bangil. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti berupaya untuk mengembangkan sebuah materi ajar keterampilan istima’. Peneliti berpendapat bahwa materi ajar ini efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa khususnya keterampilan istima’. Penelitian ini tergolong penelitian research and development (R & D). metode ini digunakan untuk menggali informasi tentang materi ajar yang dikembangkan serta efektifitasnya di dalam sebuah pembelajaran. Instrument pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, angket, dan test (Pree& Post Test). Setelah dilaksanakan penelitian ini, ditemukan beberapa poin penting di antaranya: 1. Materi ajar yang berjudul" هَيَّا نخدم لغة القرآن؛ تصميم المواد التعليمية لتنمية مهارة الاستماع في اللغة العربية في المدرسة الثانوية واحد هاشم بباغيل "2.peningkatnya kemampuan siswa dalam pembelajaran istima’ dan meningkatnya ketertarikan mereka terhadap pemebelajaran istima’, serta berubahnya anggapan mereka bahwa ternyata pelajaran istima’ itu mudah. 3. Materi ajar ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran istima’. Untuk meningkatkan ketrampilan mendengar bagi siswi , hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkayan yang cukup signifikan 21,3% dari prosentase nilai pretest 63,6% menjadi 84,9% dinilai posttest. Hal ini diperkuat dengan analisa angket yang memiliki kesimpulan yang sama dengan analisa nilai test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulah, Rizkieamrullah_rizkie@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pengembangan materi ajar; pembelajaran menyimak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Amrullah Rizkie
Date Deposited: 03 Aug 2017 03:49
Last Modified: 20 Mar 2019 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18140

Actions (login required)

View Item View Item