Pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa’diah, Halimatus (2017) Pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Guru yang professional akan mampu memahami keadaan fisik dan psikis anak, dengan hal ini guru dapat mengubah dan menyesuaikan strategi atau pendekatan yang harus digunakan. Karena masing masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda. Mengelola kelas dalam proses pemecahan masalah bukan terletak pada banyaknya macam kepemimpinan dan kontrol, tetapi terletak pada keterampilan memberikan fasilitas yang berbeda-beda untuk setiap peserta didik. Salah satu pendekatan dalam mengelola kelas adalah pendekatan sosio emosional. Pendekatan sosio emosional adalah suatu pendekatan yang menekankan pada hubungan interpersonal. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak, bagaimana hasil belajar siswa, serta bagaimana pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Observasi, Interview, Angket serta Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah aklak di MA Darul Ulum Waru sangat baik. Hasil angket menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional sebesar 82,25%. Sedangkan hasil belajar siswa tergolong sangat baik hal ini bisa dilihat dari prosentase sebesar 91,01%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan antara pendekatan sosio emosional terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru yang diperoleh 8,4%, sedangkan 91,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Misalnya, faktor lingkungan belajar maupun kecerdasan siswa sendiri seperi IQ, EQ, SQ dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa’diah, Halimatushalimatusdiah26@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Pendekatan sosio emosional; Hasil Belajar; Guru dalam pembelajaran; Aqidah akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sa'Diah Halimatus
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:38
Last Modified: 14 Aug 2017 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item View Item