Hubungan manajemen konflik dengan motivasi kerja guru di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkia, Ananda Putri (2017) Hubungan manajemen konflik dengan motivasi kerja guru di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (711kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Tujuan utama lembaga pendidikan baik itu formal maupun non formal adalah menghasilkan peserta didik yang berkualitas untuk menjadi kader – kader masa depan. Hal ini menjadikan persaingan antar lembaga menjadi tak terelakkan. Persaingan ini meliputi sarana prasarana, prestasi hingga tenaga pendidiknya. Sebagai tenaga pendidik professional tentu tidak terlepas dari yang namanya konflik, baik itu konflik diri maupun kelompok. Hal ini dapat mempengaruhi motivasi kerja sehingga berdampak pada mutu lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen konflik dengan motivasi kerja guru di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Jombang. Penulis merumuskan tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana manajemen konflik?, (2) Bagaimana motivasi kerja? dan (3) Bagaimana hubungan manajemen konflik dengan motivasi kerja. Hal ini diharapkan dapat melengkapi penelitian sebelumnya tentang manajemen konflik. Sumber konflik menurut Handoko ialah komunikasi, hubungan pribadi dan struktur organisasi. Menurut Lewis A. Coser, seorang sosiolog Jerman memilih untuk menunjukkan berbagai sumbangan konflik yang secara potensial positif, yaitu untuk membentuk serta mempertahankan struktur sosial tertentu. Sedangkan Edy Sutrisno dalam bukunya menjelaskan teori Alderfer bahwa motivasi kerja dibutuhkan untuk memenuhi kepuasan seseorang. Kepuasan ini erat kaitannya dengan kebutuhan. Jadi dapat dikatakan bahwa konflik dapat mempertahankan bahkan meningkatkan suatu motivasi kerja. Responden dalam penelitian ini ialah seluruh guru aktif di sana. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model penelitian kuantitatif yang analisisnya lebih fokus pada data-data numerikal (angka) yang diolah menggunakan metode statistika. Tahap penelitian menggunakan metode kuantitatif ialah menentukan masalah penelitian, pengumpulan data dan analisis data. Untuk mendapatkan data, penulis menyebarkan kuesioner yang berupa daftar pertanyaan dengan 4 pilihan jawaban. Penulis juga melakukan pengambilan data dengan metode lain yakni observasi, dokumentasi dll. Penghitungan uji validitas dan reliabilitas item pertanyaan menunjukkan keseluruhan pertanyaan valid dan reliabel. Demikian juga penghitungan skor ideal atau kriterium untuk menjawab rumusan masalah satu dan dua memperlihatkan bahwa hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa manajemen konflik yang terjadi di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Jombang ini menurut Suharsimi Arikunto berada dalam kategori baik yakni sebanyak 83.88% dan tingkat motivasi kerja guru juga dalam kategori baik yakni 76.84%. Sedangkan hubungan antara keduanya menunukkan korelasi yang cukup positif dan searah ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan SPSS 23 dengan rumus product moment sebanyak 0.506 lebih besar dari R tabel dengan taraf kesalahan 5% dengan nilai 0.138. Dalam penelitian selanjutnya diharapkan lebih mampu meningkatkan motivasi kerja melalui manajemen konflik yang lebih baik lagi. Sehingga konflik yang terjadi dapat menguntungkan lembaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkia, Ananda Putriapr239558@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen konflik; Motivasi; Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizkia Ananda Putri
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:32
Last Modified: 18 Aug 2017 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19609

Actions (login required)

View Item View Item