تصميم مواد تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام لطالبات المعهد الإسلامي “الخديجة” باميكاسن- مادورا :بحث تطويري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Wasiatul (2017) تصميم مواد تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام لطالبات المعهد الإسلامي “الخديجة” باميكاسن- مادورا :بحث تطويري. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Materi bahan ajar untuk keterampilan berbicara adalah materi yang dianggap penting dalam Penelitian ini berawal dari pengamatan problematika pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Putri Al-Khodijah Pamekasan Madura. Demi memenuhi kebutuhan para santri dalam mengembangkan keterampilan komunikasi berbahasa Arab peneliti mencoba menyusun materi ajar bahasa Arab yang berdasarkan kurikulum pondok yang disesuaikan dengan keadaan keseharian santri dipondok itu sendiri. materi bahan ajar dan berfokus pada tiga pokok permasalahan yakni : 1. Bagaimana mendisain materi ajar bahasa Arab untuk keterampilan berbicara? 2. Bagaimana mengaplikasikannya dalam pembelajaran bahasa Arab untuk keterampilan berbicara? 3.Sejauh mana efektifitas penggunaan materi bahasa Arab dengan keterampilan berbicara? Tujuan dari penelitian ini adalah mengarah pada tiga hal : 1. untuk mengetahui proses mendisain materi ajar bahasa Arab untuk keterampilan berbicara, 2. untuk mengetahui penerapan materi bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab untuk keterampilan berbicara, 3. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan materi bahasa Arab dengan keterampilan berbicara, dalam mengembangkan keterampilan berbicara para santri pondok pesantren Putri Al-Khodijah Pamekasan Madura dalam berkomunikasi bahasa Arab pada aspek penilaian yang meliputi: Kemampuan berkomunikasi dan mengenali tata cara komunikasi berbahasa Arab dengan baik dan benar. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan kualitatif. dengan desain penelitian Robert Maribe Branch yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) desain pengembangan, (4) uji coba, (5) Evaluasi produk. Dalam penentuan efektifiasnya penelitimenggunakan Pretest-Posttest One Group dengan jumlah 25 santri di program intensif bahasa Arab. Temuan penelitian ini bila dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Meningkatnya rasa percayadiri siswi dalam berbicara bahasa arab setelah menggunakan buku ajar, (2) langkah-langkah pembelajaran menggunakan buku ajar ini di awali dengan pengenalan kosakata baru, penerapan materi, latihan praktek, dan permainan bahasa.(3) tingkat efektifitas dapat dilihat uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes, hasil dari harga kritik “t” pada signifikansi 5% adalah 2.06 dan 1% adalah 2.80 pada jumlah df/db 24. Sedangkan hasil dari perhitungan rumus “t tes” adalah, 197.1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Wasiatulfiroh84@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Disain Materi ajar berbahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maghfiroh WASIATUL
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:35
Last Modified: 20 Nov 2017 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19755

Actions (login required)

View Item View Item