EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL “SIMULTIFSKRIP” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS XI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUDURAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathanah, Muhammad Ade (2015) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL “SIMULTIFSKRIP” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAGI SISWA KELAS XI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUDURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya bahasa adalah suatu alat komunikasi yang digunakan oleh semua makhluk hidup di muka bumi ini. Manusia mempunyai kesempurnaan dalam berbahasa. Baik bahasa tubuh, lisan, dan hati. Tetapi intinya dalam pembelajaran bahasa yang dialami oleh manusia terkai dengan empat kriteria dari tiap-tiap aspeknya. Yaitu, kemampuan membaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Semuanya mempunyai sifat yang saling mendukung. Jika manusia mempuyai keahlian dalam menguasai empat aspek ini. Maka seakan dia seperti menguasai dunia. Karena ada pepatah, “Jika bahasa dapat dikuasai, maka dunia dalam genggamannya”. Selain itu pula, ilmu bahasa adalah ilmu praktek.
Adapun model pembelajaran dari tiap-tiap bahasa bermacam-macam, salah satunya dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu dengan model pembelajaran Simultifskrip. Model ini merupakan model pembelajaran aktif dan mengedepankan keaktifan dalam berbicara. Pada model pembelajaran ini, siswa diharapkan agar aktif berbicara dengan penuh semangat. Penerapan model ini ada 3 tahap. Pertama, tahap pengelompokan. Siswa diharapkan mempunyai interaksi antar sesama dengan baik. Kedua, berpasangan. Siswa diharapkan untuk bisa saling berbagi dari ilmu yang dipelajari. Ketiga, diskusi. Karena siswa dituntut untuk paham dengan materi yang dipelajari, dan mempunyai semangat dalam berbahasa Arab secara aktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model ini, kemampuan siswa kelas kontrol dan eksperimen, dan efektifitasnya. Model ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi.
Sehingga target dari penelitian adalah siswa dapat aktif dalam berbahasa Arab dengan baik dan benar, mempunyai motivasi dalam mempelajari bahasa Arab, dan membantu menjadi bahan tambahan dalam model pembelajaran guru-guru bahasa Arab untuk kedepannya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nu’man
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathanah, Muhammad AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran Simultifskrip; Kemampuan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2015 02:35
Last Modified: 15 Oct 2015 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item