SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BERPRESTASI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Widdatur (2015) SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BERPRESTASI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan self regulated
learning pada mahasiswa berprestasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi di bidang akademik maupun non-akademik. Ada dua subyek yang akan dijadikan sumber informasi, yaitu yang pertama adalah mahasiswa
jurusan teknik sistem perkapalan dan subyek yang kedua adalah mahasiswa teknik fisika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Dari penelitian ini, diketahui bahwa kedua subyek memiliki
self regulated learning. Pada subyek I digambarkan secara
metakognitif, bahwa AY meregulasi diri dengan merencanakan,
menetapkan tujuan, mengorganisasi, mengulang, mengelaborasi serta mengevaluasi dalam proses belajarnya. Secara motivasional, AY merasa bahwa dirinya berkompeten, memiliki keyakinan diri dan mengetahui kondisi dirinya serta selalu berorientasi pada tujuannya.
Sedangkan secara behavioral, AY mampu meregulasi usaha serta
menyeleksi, menyusun, dan mengatur lingkungan agar lebih optimal dalam belajar. Sedangkan MMA digambarkan secara metakognitif, bahwa MMA yang meregulasi diri dengan merencanakan, menetapkan tujuan, mengulang, serta mengevaluasi dalam proses belajarnya.
Secara motivasional, MMA yang belajar merasa bahwa dirinya
berkompeten, memiliki keyakinan diri dan mengetahui kondisi dirinya serta selalu berorientasi pada tujuannya. Sedangkan secara behavioral, MMA mampu meregulasi usaha serta menyeleksi, menyusun, dan mengatur lingkungan agar lebih optimal dalam belajar.
Dengan self regulated learning, kedua subyek dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajarnya dan mendapatkan
hasil belajar yang maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Khorriyatul Khotimah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, WiddaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: Self Regulated Learning; Mahasiswa Berprestasi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2015 09:03
Last Modified: 31 Dec 2015 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item