SEGMENTASI PASAR TABUNGAN iB TUNAS HASANAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG DHARMAWANGSA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahry, Ahmad Za’im (2015) SEGMENTASI PASAR TABUNGAN iB TUNAS HASANAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG DHARMAWANGSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Segmentasi Pasar Tabungan iB Tunas Hasanah Pada Bank BNI Syariah Cabang Dharmawangsah Surabaya” hasil penelitian bertujuan menjawab rumusan masalah tentang segmentasi pasar tabungan iB Tunas Hasanah pada PT. Bank BNI Syariah, faktor-faktor dan manfaat dari produk tersebut.
Data penelitian terhimpun dari wawancara secara langsung dengan Sub Branch Manager dan Operational & Service Head yang menangani dan menguasai bidang pemasaran produk tabungan yang didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Ada 4 motivasi yang mengakibatkan orang tua dan anak memilih produk tabungan iB Tunas Hasanah BNI Syariah. Motivasi itu adalah : 1) Semangat anak karena memiliki ATM sendiri, 2) Kemudahan mengontrol tabungan melalui SMS, 3) Penerapan prinsip syariah, 4) Saldo awal kecil. Empat motivasi tersebut terbagi ke dalam dua kelompok yakni kelompok sosial dan kebudayaan. Pembagian tersebut meninjau dari alasan-alasan nasabah memilih produk tabungan iB Tunas Hasanah BNI Syariah. Dari motivasi tersebut BNI Syariah membagi segmentasi produk Tabungan Tunas iB Hasanah BNI Syariah menggunakan dua variabel, yaitu: 1) Variabel Demografis. Yang termasuk dalam variabel ini adalah sasaran anak-anak, variabel ini meninjau dari usia penggunanya. 2) Variabel Tingkah Laku. Variabel ini dimasukkan ke dalam segmentasi untuk produk Tabungan Tunas iB Hasanah dikarenakan kekhawatiran orang tua terhadap anak-anaknya dalam mengelola keuangan. Sedangkan produk Tabungan Tunas iB Hasanah jika dilihat dari kegunaannya bisa terbagi menjadi dua, yaitu: 1) Need, penilaian need terhadap produk ini ditinjau dari kebutuhan orang tua untuk mengontrol anaknya dalam mengelola keuangan. Kebutuhan tersebut tentu termasuk dalam kebutuhan primer. Dalam pengawasan tersebut menjadi hal yang tak terelahkan dan harus dilakukan oleh orang tua agar anaknya tidak terjerumus dalam foya-foya. 2) Want, nilai want yang diasumsikan pada produk ini melihat dari style anak ketika memegang ATM-nya sendiri. Ia akan merasa menjadi hebat dengan ATM yang ia bawa kemana-mana. Hal ini akan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi konsumen-konsumen kecil ini. Selain itu, penggunaan ATM yang bisa dilakukan di semua merchant BNI Syariah dapat memuaskan akan kebutuhan uang bagi anak tentunya dengan pengawasan orang tua dan pihak bank.
Namun dari Tabungan Tunas iB Hasanah tentu terdapat kekurangan, sehingga ada beberapa saran dari peneliti. Saran-saran tersebut meliputi : 1) BNI Syariah lebih konsentrasi lagi terhadap kepentingan anak-anak dalam menggunakan produk tabungan dengan penggunaan ATM. 2) Pembuatan produk untuk kalangan menengah ke bawah perlu dilakukan. Hal itu agar tidak ada kesenjangan sosial antara kelompok sosial tertentu, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan di antara mereka

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Iskandar Ritonga
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahry, Ahmad Za’imUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Tabungan; Segmentasi Pasar;
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2016 07:31
Last Modified: 13 Jan 2016 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item