PENGARUH PROGRAM IN SESRVICE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karomah, Fathonatul (2015) PENGARUH PROGRAM IN SESRVICE TRAINING TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang pengaruh program in service training terhadap peningkatan profesionalisme guru di SMP Bhayangkari 1 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bentu-bentuk kegiatan in service training sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru, menemukan ada atau tidaknya implikasi dari pelaksanaan kegiatan in service training terhadap peningkatan profesionalisme guru di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.
Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program bimbingan-bimbingan untuk guru in service training atau In service training yang mana program in service training juga disebut program pengembangan karyawan yang pelaksanaannya bisa secara formal maupun informal.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Karena jumlah responden kurang dari 100, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi, dimana semua responden dilibatkan dalam penelitian ini. adapun jumlah responden di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya ini adalah 30 guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan bantuan program computer SPSS versi 16.0. Hasil pngujian data yang telah dilakukan dengan menggunakan pengujian korelasi product moment diperoleh bahwasannya ada pengaruh program in service training terhadap peningkatan profesionalisme guru yang dapat diperjelas dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,997 dengan signifikansi sebesar 0,000 dimana signifikansi sebesar 0,000 ( p < 0,05).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam jabatan yang telah dilaksanakan SMP KemalaBhayangkari Surabaya selama tahun 2014yaitu : 1) Kursus IT, 2) Kursus bahasa inggris, 3) Workshop implementasi kurikulum 2013, 4) Workshop peningkatan kompetensi kepala sekolah, 5) Workshop peningkatan kompetensi petugas perpustakaan, 6) Workshop peningkatan kompetensi tenaga administrasi, 7) Workshop peningkatan kompetensi tenaga laboratorium. Dan berdasarkan hasil uji analisis produst moment diperoleh sebuah kesimpulan bahwa ada pengaruh program in service training terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hubungan kedua variabel tersebut bernilai positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lilik Nofijantie
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karomah, FathonatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: In Service Training; Profesionalisme Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 05:59
Last Modified: 20 Jan 2016 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item