TATHWIIR KITAAB AL ARABIYAH LITHALABAH AL DARAASII LITANMIYAH MAHARAH AL QIRA'AH : BAHTS TATHWIIRII FII BARNAAMIJ TA'LIIM AL LUGHAH AL ARABIYAH AL MUKASYAF BIJAAMI'AH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL KHUKUMIYAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasruchah, Iin (2015) TATHWIIR KITAAB AL ARABIYAH LITHALABAH AL DARAASII LITANMIYAH MAHARAH AL QIRA'AH : BAHTS TATHWIIRII FII BARNAAMIJ TA'LIIM AL LUGHAH AL ARABIYAH AL MUKASYAF BIJAAMI'AH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL KHUKUMIYAH SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Antologi.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa asing meliputi tiga keterampilan yaitu keterampilan mendengar, membaca, bicara dan menulis. Penelitian ini dilakukan di program intensif bahasa arab yang berada di UIN Sunan Ampel Surabaya. Program ini difokuskan pada keterampilan membaca. Oleh karena itu pengarang buku ajarnya pun fokus pada keterampilan membaca. Akan tetapi kurang sekali dalam memberikan latihan-latihan. Alasan itulah peneliti membuat buku pendamping berupa LKS atau Lembar Kerja Siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan buku ajar dengan LKS untuk meningkatkan keterampilan membaca, seberapa efektif LKS untuk meningkatkan keterampilan membaca dari segi pengetahuan polisemi dan sinonim, pemahaman text tiap kalimat, mengetahui perubahan makna ketika susunannya berubah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan buku ajar menjadi LKS, untuk mengetahui efektifitas LKS dalam pengembangan keterampilan membaca dari segi pengetahuan murid sekitar polisemi dan sinonim juga membantu murid untuk memahami teks tiap kalimat dan mengetahui perubahan makna ketika susunannya berubah. Sedangkan untuk metode penelitiannya menggunakan penelitian pengembangan (R&D). analisis datanya menggunakan metode eksperimen dibantu dengan metode kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu berupa buku LKS yang mana dari sisi pemilihan kata nilainya 92% artinya sangat baik, dari segi penulisannya juga 92% artinya sangat baik, dari segi manajemen secara umum 87% artinya sangat baik. Ini menunjukkan bahwa buku ini sesuai untuk membantu proses pembelajaran. Sedangkan keefektifannya bisa terlihat dari pre-test dan post test yang mana rata-rata pre-tes mereka 55% dan post tes 83%. Ini berarti LKS ini efektif dalam membantu proses pembelajaran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Abdul Kadir Riyadi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasruchah, IinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Keterampilan Membaca; LKS; Pembelajaran Bahasa Arab;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:07
Last Modified: 27 Jan 2016 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item View Item