PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI AL-HIDAYAH GEDANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Triana Choirun (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV MI AL-HIDAYAH GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa belum meningkat hasil belajarnya dalam materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam yang disebabkan karena kurang tepat dalam menggunakan strategi, bersifat monoton yang berpengaruh pada minat belajar peserta didik sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Dari 39 siswa, hanya 16 siswa (41%) yang berhasil mencapai KKM 75 sedangkan 23 siswa (59%) masih belum tuntas. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang dilakukan dengan dua siklus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas IV MI AL-Hidayah Gedangan Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation di MI AL-Hidayah Gedangan Sidoarjo?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dikenal dengan mix method. Model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Taggart. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I skor 50 menjadi menjadi 68 pada siklus II. Begitu dengan aktivitas guru yang juga mengalami peningkatan dari perolehan pada siklus I 71 menjadi 95 pada perolehan siklus II. Peningkatan hasil belajar juga mengalami peningkatan dari nilai rata – rata kelas Siklus I 54% menjadi 92%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Triana ChoirunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Group Investigation (GI); Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2016 02:53
Last Modified: 01 Feb 2016 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item