PENGEMBANGAN PAKET POLA BIMBINGAN PENINGKATAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) ANAK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardhani, Ardha (2016) PENGEMBANGAN PAKET POLA BIMBINGAN PENINGKATAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) ANAK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Bentuk Paket Pola Bimbingan Peningkatan ESQ Anak? (2) Bagaimana Proses Pelaksanaan Pola Bimbingan Peningkatan ESQ Anak? (3) Bagaimana Evaluasi, Refleksi, dan Rekomendasi Para Guru TK Setelah Melakukan Pelatihan Pola Bimbingan Peningkatan ESQ Anak? (4) Bagaimana Hasil Uji Kelayakan Paket yang Sesuai dengan Ketepatan, Kelayakan dan Kegunaan?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian Research & Development, jenis penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang tim uji ahli dan enam orang guru di 3 Taman Kanak-kanak (TK) yang berada di kecamatan Wonocolo, Surabaya. Dua orang di TK “Unggulan” An-Nur, dua orang di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13, dan dua orang di TK Muslimat. Data yang digunakan untuk menganalisa adalah data hasil angket, wawancara dan observasi berupa evaluasi, refleksi, dan rekomendasi yang disajikan dalam bab hasil paparan penelitian pengembangan.
Bentuk paket terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama menjelaskan panduan, bagian kedua membahas isi paket, dan bagian ketiga berisi evaluasi, refleksi dan rekomendasi dari para uji ahli dan para guru. Pada proses penelitian, peneliti memberikan produk (buku paket) kepada para guru TK dengan menjelaskan secara singkat prosedur pelaksanaannya kemudian meminta guru untuk mempraktekkan kegiatan yang ada di dalam buku paket. Setelah guru mempraktekkan isi buku, para guru diminta untuk memberikan komentar, kritik dan saran untuk perbaikan buku.
Beberapa guru mengatakan bahwa produk yang dibuat peneliti sangat baik dan bermanfaat bagi guru. Namun, beberapa guru menganggap bahwa bahasa yang digunakan dalam buku paket agak sulit dipahami, terlalu banyak prosedur, dan gambar yang disajikan kurang hidup. Adapun rekomendasi yang berikan, yaitu: guru membutuhkan bimbingan sebelum mempraktekkan sendiri, mengganti gambar agar lebih hidup, produk bisa dijadikan buku pegangan bagi para guru dan orang tua dalam mendidik anak tetapi bahasanya dipermudah agar pembaca mudah memahami.
Berdasarkan hasil skoring data nilai angket tim uji ahli tentang ketepatan, kelayakan, dan kegunaan diperoleh hasil akhir 81%, sehingga paket yang dirancang memenuhi standar uji dengan kategori sangat tepat. Selanjutnya, berdasarkan data para guru TK, hasil akhir yang diperoleh 71%, sehingga paket yang dirancang memenuhi standar uji dengan kategori tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardhani, ArdhaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Pengembangan Paket; Pola Bimbingan;Peningkatan ESQ Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ardha Wardhani Arifin
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:41
Last Modified: 13 Apr 2016 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

View Item View Item