Strategi Branding Majalah Aula tentang Organisasi Nahdlatul Ulama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayogi, Nur Setyo (2016) Strategi Branding Majalah Aula tentang Organisasi Nahdlatul Ulama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nahdlatul Ulama merupakan organisasi kemasyarakatan dakwah Islam diIndonesia yang lahir sejak tahun 1926. Sebagai organisasi dakwah yang besardibutuhkan media untuk mendukung dakwahnya. Majalah Aula sebagai media
yang dimiliki oleh Nahdlatul Ulama memiliki peran untuk mendukung penuhterhadap visi Nahdlatul ulama dalam dakwahnya. Di sini pula peran Majalah Aula
sebagai media massa untuk turut serta membangun citra positif atau menjadimedia yang berperan dalam membranding segala yang bersangkutan dengan NU.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi yangdigunakan majalah Aula untuk membangun dan menjaga citra, identitas ataubrand dari organisasi Nahdlatul Ulama’. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi yang digunakan majalah Aula dalam membangun danmenjaga brand organisasi Nahdlatul Ulama’. Pendekatan yang digunakan ialahpendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik analisis dari data yang telah
didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, majalah Aula sebagai medianyamilik NU tetap terus membangun citra positif NU dan senantiasa memberikanpembelaan atau menepis segala kemungkinan yang dapat menjelekkan NU.
Melalui brand positioning yang disandang NU sebagai organisasi yang berpahamAhlussunnah Waljama’ah dan organisasi yang menggagas “Islam Nusantara”
majalah Aula menggunakannya sebagai amunisi untuk dijadikan strategi yangmampu menjadikan Nahdlatul Ulama menjadi organisasi yang dipandangmemiliki kiprah kesejagatan yang besar. Dengan berbagai terobosan baru yang
diimplementasikan pada majalahnya menjadi strategi pendukung dalam setiaplangkah pembrandingannya. Hal tersebut dilakukan dengan cara mempublikasi
secara berlanjut dalam setiap terbitannya, dengan mempublikasi aktivitas positif
NU dan mengangkat kritikan yang disampaiakan secara sopan terhadap NUmelalui redaksinya.
Bertitik tolak dari penelitian ini, saran yang kiranya dapat menjadi bahanperitimbangan dalam peningkatan atau dalam menjaga citra NU sebagaiorganisasi yang membawa paham Ahlussunnah Waljama’ah adalah denganmengadakan kegiatan kehumasan atau kegiatan-kegiatan dari pihak majalah Aula
sendiri, misalnya seminar atau diskusi terbuka, kompetisi yang berkaitan denganNU, atau semacam kegiatan-kegiatan yang dapat menyentuh masyarakat lebihdalam. Sehingga antusias, kontribusi dan perhatian dari publik atau masyarakatdapat terwadahi dengan adanya kegiatan semacam itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayogi, Nur SetyoUNSPECIFIEDB36211092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulhan, M. HamdunUNSPECIFIED2012035402
Subjects: Ilmu Komunikasi
Iklan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Setyo Prayogi
Date Deposited: 12 Apr 2016 05:17
Last Modified: 17 Feb 2020 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5712

Actions (login required)

View Item View Item