FA'ALIYAH ISTIKHDAM AL SHUWAR AL MUTASALSILAH FI TADRIIS MAHARAH AL KALAM ; BAHTS TAJRIBY FI MADRASAH MA'ARIIF NAHDHAH AL 'ULAMA' AL MUTAWASSITHAH AL ISLAMIYYAH LAMUNJAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukaiyah, Uin (2016) FA'ALIYAH ISTIKHDAM AL SHUWAR AL MUTASALSILAH FI TADRIIS MAHARAH AL KALAM ; BAHTS TAJRIBY FI MADRASAH MA'ARIIF NAHDHAH AL 'ULAMA' AL MUTAWASSITHAH AL ISLAMIYYAH LAMUNJAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Kecakapan berbicara dalam pembelajaran bahasa kedua (Asing) termasuk bahasa Arab menempati posisi sangat signifikan, sehingga harus dibekalkan kepada setiap peserta didik –lebih-lebih pada era komunikasi global seperti sekarang ini. Pembelajaran kecakapan berbicara itu bahkan harus dibekarkan kepada peserta didik dalam tahap awal pembelajarannya terhadap bahasa kedua (Asing) termasuk pada pembelajaran bahasaArab. Mahmud Kamil Naqah dan Rusdi Ahmad Thuaimah dalam bukunya yang berjudul “Metode-metode Pembelajaran Bahasa Arab bagi Pembicara selain Arab” menegaskan demikian. Meskipun demikian vital posisi kecakapan berbicara, namun peneliti mendapati melalui hasil wawancara dengan pengajar bahasa Arab pada level satu kebanyakan siswa level satu lemah dalam kecakapan berbicarannya, kurang keberaniannya dalam melakukan dialog mata pelajarannya.
Dari hasil pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru bahasa arab, bahwa sebagian siswa level satu MTS lamongan kurang keberaniannya dalam melakukan dialog mata pelajarannya, sulit dalam membuat kalimat, dan oleh karenanya mereka berbicara tidak lancar. Untuk mencapai tujuan itu, peneliti mengunakan ini rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dengan melibatkan data kualitatif dan kualitatif, dan berlangsung dua siklus. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan Peneliti adalah observasi, dan angket, serta tes kecakapan berbicara.
Selanjutnya rumusan penelitian ini adalah Sejauh mana efektifitas Penerapan Media Gambar Berseri dalam meningkatkan Keterampilan berbicara siswa level satu pada MTS Ma’arif NU Lamongan tahun ajaran 2015-2016?. 1) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar berseri dalam meningkatkan siswa melafalkan huruf sesuai dengan makhrojnya, 2) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar berseri dalam meningkatkan siswa memahami kosakata bahasa, 3) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar berseri dalam meningkatkan siswa lancar berbicara, 4) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar berseri dalam dalam memahami tata bahasa,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Media Gambar Berseri terbukti efektif meningkatkan kecakapan berbicara siswa level satu Madrasah TSanawiyah Ma’arif Nahdhotul Ulama lamongan pada tahun ajaran 2015-2016dibuktikan dengan tingkat kemampuan mereka sebagaimana dijelaskan pada tabel 14, dari tingkatan cukup pada tahap pertama menjadi tingkatan baik pada tahap kedua, atau dari rata-rata nilai 76,11 pada tahap pertama, menjadi rata-rata nilai 80 pada tahap kedua. Hal itu ditunjukkan dengan penuhnya perhatian mereka ketika mengikuti proses pembelajaran.
Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa Media Gambar Berseri sangat efektif untuk meningkatkan kecakapan berbicara bahasa Arab siswa level satu di MTS Ma’arif NU Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukaiyah, Uinsukaiyah5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Media Gambar Berseri; Pengembangan Keterampilan; Berbicara; Media Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sukaiyah uin
Date Deposited: 11 May 2016 07:57
Last Modified: 11 May 2016 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5800

Actions (login required)

View Item View Item