Tathwiir wasiilah al ta’liim bistihdaam biramjah adobe flash litanmiyah maharah al kalam bahs tathwiiri bi al madrasah al mutawatsithah darul faaiziin al salafiyah Mojowarno Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Hasan (2016) Tathwiir wasiilah al ta’liim bistihdaam biramjah adobe flash litanmiyah maharah al kalam bahs tathwiiri bi al madrasah al mutawatsithah darul faaiziin al salafiyah Mojowarno Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Berbicara adalah salah satu komponen utama dalam belajar bahasa. Berbicara merupakan unsur terpenting dalam empat keterampilan berbahasa Arab, keterampilan berbicara merupakan barometer keberhasilan pengajaran bahasa Arab, sehingga keberhasilan sebuah pengajaran bahasa dilihat dari kemampuan siswanya dalam berbicara, apabila siswanya berbicara dengan lancar sesuai dengan keinginannya maka berhasillah sebuah pengajaran itu. Di antara tujuan utama dalam pembelajaran bahasa arab bagi selain penutur aslinya adalah meningkatkan kemampuan peserta didik agar mampu mengucapkan bahasa dengan baik serta mampu berkomunikasi dengan penutur bahasa arab asli secara baik dan spontanitas.
Dari hasil pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru bahasa arab, bahwa sebagian siswa pada kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Mojowarno Jombang tidak mampu berdialog dengan menggunakan bahasa arab pada mata pelajaran bahasa arab, mereka kesulitan dalam membuat kalimat yang benar, dan ketika mereka berdialog dengan menggunakan bahasa arab, maka mereka berbicara tidak lancar. Salah satu sebabnya adalah sedikitnya mufrodat yang mereka kuasai, dan juga tidak ada media yang bisa membuat mereka untuk berbicara bahasa arab.
Selanjutnya berdasarkan pada fakta permasalahan diatas, rumusan penelitian ini adalah mengembangkan media yang berbasis Flash atau yang lebih dikenal dengan Adobe Flash, dan mengukur sejauh mana efektifitas penerapan media tersebut dalam meningkatkan Ketrampilan berbicara siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Mojowarno Jombang tahun pelajran 2015-2016 pada semester satu.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D / Research and Development) dengan menggunakan rumus tes “t”. Desain sampel yang digunakan adalah “One group pretest and post test design” dalam satu kelas sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Media Adobe Flash terbukti efektif meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Mojowarno Jombang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari hasil pre test dan post test, dalam pre test rata-rata nilai adalah 62,2 %, dan dalam post test meningkat menjadi rata-rata 84,16%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Hasan--F05411208
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHusein, Aziz--2003015601
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media Pembelajaran; Adobe Flase
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2016 06:50
Last Modified: 27 Feb 2020 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item