TASHMIM AL MAWAD AL TA’LIMIYAH LI AL ISTIMA’ LI TARQIYAH MAHARAH AL ISTIMA’ LI THULAB AL FASHL AL SABI’ BI MADRASAH AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH MOJOSARI MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munadhiro, Anita (2014) TASHMIM AL MAWAD AL TA’LIMIYAH LI AL ISTIMA’ LI TARQIYAH MAHARAH AL ISTIMA’ LI THULAB AL FASHL AL SABI’ BI MADRASAH AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH MOJOSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Seorang pelajar bahasa arab harus memahami keempat maharah dalam pembelajaran bahasa arab. Akan tetapi kenyataannya, pembelajaran bahasa arab di sekolah-sekolah saat ini hanya terfokus untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Sedangkan perkembangan kemampuan berbahasa manusia sejak kecil sampai dewasa banyak dipengaruhi oleh mendengar dari percakapan disekitarnya.
Adapun pembelajaran istima’ dikebanyakan sekolah-sekolah belum bias dikatakan efektif, karena pengajar bahasa arab mengajar dengan metode membaca dan siswa mendengarkan dengan melihat pada tulisan. Alasannya materi pembelajaran istima’ masih terbatas dan belum ditemukan materi yang sesuai. Materi pembelajaran istima’ harus berupa materi suara dan siswa mempelajari tentang pemahaman mendengarnya dan bukan pemahaman membaca. Oleh karena itu peneliti mencoba mendesain materi pembelajaran istima’ untuk mengenalkan siswa pada suara-suara arab, jadi siswa tidak hanya terpaku pada suara pengajar bahasa arab saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan desain materi pembelajaran istima’ untuk siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Mojosari Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan adalah metode analisis dan metode ekperimen melalui pretest dan posttest.
Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: Desain materi pembelajaran istima dalam bentuk kaset rekaman secara umum bagus dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran keterampilan menyimak. Jadi desain materi pembelajaran istima’ efektif dalam meningkatkan kemampuan istima’ siswa kelas VII di MTs Negeri Mojosari Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Junaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munadhiro, AnitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Materi Pembelajaran, Kemampuan Istima’
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2015 07:38
Last Modified: 12 Feb 2015 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item