EFEKTIFITAS METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Dwi Maria (2010) EFEKTIFITAS METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Pemilihan metode yang tepat akan membawa siswa pada cara yang tepat pula sehingga pemahaman siswa juga optimal, dari pemahaman tersebut siswa akan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Metode yang penulis teliti adalah metode Cooperative script, yang mana metode tersebut adalah Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secaa lisan untuk mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi dipelajari, yang mana melakukan eksperimennya dikhususkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari sinilah kita akan mengetahui Maka penulis merumuskan permasalahan tersebut sesuai dengan latar belakang masalah yang terfokus terhadap tema isi skripsi ini. Adapun rumusan masalah tersebut sebagai berikut: Usaha-usaha dalam meningkatkan pemahaman Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Giri-Gresik, Pelaksanaan Metode Cooperative Script dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4 Giri-Gresik dan Efektifitas Metode Cooperative Script dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri-Gresik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektfitas metode Cooperative Script kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan Metode Cooperative script dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode Cooperative script dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam) SMP Muhammadiyah 4 Giri-Gresik. Dengan populasi sebanyak 186 siswa yang terdiri dari delapan 6 kelas mulai kelas VII A- IX B, yang mana setiap kelas di bagi dua ruang . Sedang sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A (35siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII B (35 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Uji Coba, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Untuk menguji keampuhan Instrumen dilakukan dengan Uji validitas dan realibilitas, teknik Doeble Test Double Trial Method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji t (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pemahaman belajar siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok Eksperimen dari 6,22 (Pre Test) menjadi 8,1 (Post Test) dan kelompok kontrol dari 6,1 (Pre Test) menjadi 7,0 (Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 1,1. Dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 4,932 Angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,65 (2,00 4,932 2,65).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative script cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri-Gresik. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai varias-variasi baru strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Dwi MariaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Pembelajaran; Cooperative Script; Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 18 Feb 2015 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8241

Actions (login required)

View Item View Item