EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI SMP YPM 5 SUMPUT DRIYOREJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwanti, Linda (2010) EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI SMP YPM 5 SUMPUT DRIYOREJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk menerapkan pengorganisasian pengetahuan dan keterampilan proses dalam kehidupan sehari-hari adalah strategi pembelajaran ekspositori. Menurut Arend strategi pembelajaran ekspositori diaplikasikan pada subyek-subyek yang berorientasi pada informasi (pengetahuan deklaratif).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pembelajaran ekspositorindalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok eksperimen (keompok yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam pelajaran sejarah kebudayaan islam) dengan siswa control (tidak menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran). Siswa VIII SMP YPM 5 Sumput Driyorejo Gresik tahun 2009-2010 swbanyak 266 siswa yang terdiri dari enam kelas (VIIIA-VIIIF) sebagai populasi, sedangkan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non probabilitas Type Purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, melainkan didasarkan adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Untuk analisis data yang digunakan Teknik Double Test Double Trial method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis uji t (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan kemampuan kognitif siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok eksperimen 7,375 (pretest) menjadi 8,55 (postest) dan kelompok control 7,25 (pretest) menjadi7,725 (postest). Ini menunjkkan tingkat signifikansi sebesar 0,725.dalam perhitungan uji t diperoleh to sebesar 3,048 angka ini jauj lebih besar dibandingkan tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,64 dan taraf signifikansi 1% yaitu 1,99 (1,993,0482,64).
Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain. Terutama mengenai variasi-variasi strategi pembelajaran sejarah kebudayaan islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwanti, LindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Islam
Keywords: Strategi Pembelajaran Ekspositori; Kemampuan Kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8374

Actions (login required)

View Item View Item