This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Purwanti, Linda (2010) Efektifitas strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di SMP YPM 5 Sumput Driyorejo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (924kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Salah satu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk menerapkan pengorganisasian pengetahuan dan keterampilan proses dalam kehidupan sehari-hari adalah strategi pembelajaran ekspositori. Menurut Arend strategi pembelajaran ekspositori diaplikasikan pada subyek-subyek yang berorientasi pada informasi (pengetahuan deklaratif). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pembelajaran ekspositorindalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok eksperimen (keompok yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam pelajaran sejarah kebudayaan islam) dengan siswa control (tidak menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran). Siswa VIII SMP YPM 5 Sumput Driyorejo Gresik tahun 2009-2010 swbanyak 266 siswa yang terdiri dari enam kelas (VIIIA-VIIIF) sebagai populasi, sedangkan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non probabilitas Type Purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, melainkan didasarkan adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Untuk analisis data yang digunakan Teknik Double Test Double Trial method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis uji t (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan kemampuan kognitif siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok eksperimen 7,375 (pretest) menjadi 8,55 (postest) dan kelompok control 7,25 (pretest) menjadi7,725 (postest). Ini menunjkkan tingkat signifikansi sebesar 0,725.dalam perhitungan uji t diperoleh to sebesar 3,048 angka ini jauj lebih besar dibandingkan tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,64 dan taraf signifikansi 1% yaitu 1,99 (1,993,0482,64).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Sejarah > Islam | ||||||||
Keywords: | Strategi pembelajaran ekspositori; kemampuan kognitif | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:42 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8374 |
Actions (login required)
View Item |