Pengaruh Pemasaran Internal Terhadap Komitmen Kerja dan Kinerja Perawat : Studi Kasus di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pusparini, Eka Novalia (2016) Pengaruh Pemasaran Internal Terhadap Komitmen Kerja dan Kinerja Perawat : Studi Kasus di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemasaran Internal terhadap Komitmen Kerja dan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana pengaruh langsung pemasaran internal yang dilakukan oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan terhadap komitmen kerja perawat, bagaimana pengaruh langsung komitmen kerja terhadap kinerja perawat, dan bagaimana pengaruh tidak langsung pemasaran internal terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Fokus penelitian ditujukan kepada para perawat Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan yang telah menjadi perawat tetap yang sudah bekerja di rumah sakit tersebut minimal selama 2 (dua) tahun. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner kepada subjek penelitian. Analisis data yang dilakukan melalui proses pengumpulan data, menganalisis data menggunakan alat statistik yang sesuai, dan menginterpretasikan hasil analisis untuk selanjutnya agar dapat ditarik kesimpulan yang diperlukan dalam menjawab rumusan masalah. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah pemasaran internal berpengaruh secara langsung terhadap komitmen kerja, dengan besarnya pengaruh langsung yang terbentuk adalah sebesar 40,2%. Komitmen kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja perawat sebesar 21,5%. Sedangkan pemasaran internal juga memiliki pengaruh secara langsung terhadap kinerja sebesar 30,6%. Keberhasilan sebuah organisasi tentu tidak hanya melibatkan para karyawan yang diharuskan melayani pelanggan dengan baik, namun peran organisasi terkait juga penting. Bukan hanya melihat bagaimana para pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh karyawan, namun juga memposisiskan para karyawan penyedia layanan sebagai para pelanggan internal yang harus diperhatikan kesejahteraannya dalam bekerja di organisasi serta pemenuhan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh karyawan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pusparini, Eka Novaliaeka.nova211@gmail.comC94212139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Ekonomi Islam
Etos Kerja
Manajemen
Pemasaran
Keywords: Komitmen pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Eka Novalia Pusparini
Date Deposited: 23 Aug 2016 01:30
Last Modified: 19 Feb 2020 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8704

Actions (login required)

View Item View Item