PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV MI DARUL ULUM MEDAENG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Nyimas Julia Rahma (2013) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV MI DARUL ULUM MEDAENG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Belajar dengan model pembelajaran aktif dapat membuat siswa mudah memahami materi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan melakukan aktifitas belajar menggunakan model pembelajaran aktif salah satunya pembelajaran konstektual khususnya pada pembelajaran IPA, guru dapat merangsang kemampuan siswa untuk membentuk konsep-konsep kea rah pemahaman yang lebih baik. Saat terjadi pembentukan konsep, siswa memerlukan benda konkret dalam prosesnya sehingga dapat mengeksplorasi fakta dan menemukan ide-ide baru dalam pembelajaran tersebut.
Pembahasan masalah mendalam pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran IPA di kelas IV MI Darul Ulum selama diterapkannya pembelajaran konstektual? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajaran IPA kelas IV MI Darul Ulum dengan menggunakan model pembelajaran konstektual?. Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mengetahui proses pembelajaran di kelas IV MI Darul Ulum selama pembelajaran konstektual diterapkan (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum sesudah mengikuti pembelajaran IPA dengan menerapkan pembelajaran konstektual.
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pendekatan kualitatif peneliti mengambil data dengan cara pengamatan. Pengamatan dilakukan oleh peneliti dengan wawancara pada beberapa siswa dan guru kelas IV dan lembar observasi siswa dan guru. Pada pendekatan kuantitatif peneliti mengambil data menggunakan angka dari hasil tes tulis, lembar kerja siswa dan observasi tersruktur. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus, data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diperoleh dalam pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi hasil penelitian diakhir siklus ini menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil belajar yang mencapai ketuntasan sebesar 65,7% menjadi 89% . Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran konstektual mengalami peningkatan dari 69,5% menjadi 86,6%. Pada observasi guru juga mengalami peningkatan dari 55,9% menjadi 85,7%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konstektual dapat meningkatkan hasil belajar IPA di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H. Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Nyimas Julia RahmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Prophetic Intelligence
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; IPA; Model Pembelajaran Konstektual;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item