Penggunaan anak dalam iklan televisi: studi terhadap iklan produk segmentasi dewasa dengan model anak-anak pada stasuin televisi swasta Indonesia edisi Desember 2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juddi, Moh. Faidol (2013) Penggunaan anak dalam iklan televisi: studi terhadap iklan produk segmentasi dewasa dengan model anak-anak pada stasuin televisi swasta Indonesia edisi Desember 2012. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
cover-.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB)

Abstract

Ada dua rumusan masalah yang akan dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) pesan-pesan apa yang disampaikan anak dalam iklan televisi, (2) sejauh mana tingkat penggunaan anak dalam iklan televisi. Untuk mengungkapkan permasalahan tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode analisi deskriptiif kuantitatif yang dimaksudkan untuk menggambarkan secara detail suatu pesan, atau teks tertentu. Desain analisis ini tidak dimaksudkan untuk menguji suatu hipotesis tertentu atau menguji hubungan diantara variable. Analisis ini semata untuk menggambarkan aspek-aspek dan karakteristik dari suatu pesan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan anak dalam iklan televisi dapat dilihat dari aspek-aspek aspek-aspek (1) pesan-pesan yang disampaikan secara tidak langsung oleh anak-anak berupa adegan-adegan atau peragaan mengonsumsi produk dengan penyampaian pesan-pesan komersial secara halus pada iklan televisi produk segmentasi dewasa. Prosentase jenis pesan ini sebesar 94.52%. (2) tingkat penggunaan anak dalam iklan televisi ini dapat dilihat dari posisi anak sebagai figuran atau peran tambahan dalam iklan dengan prosentase sebesar 89.04%, dan peran anak sebagai anak-anak apa adanya dalam iklan sebesar 93.15%. dalam iklan televisi anak-anak didampingi oleh model dewasa dengan prosentase sebesar 94.52% dan penggambaran anak dalam iklan bersifat netral dengan prosentase sebesar 67.12%. Dari hasil penelitian ini, ada beberapa saran dari penulis yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peiklanan televisi Indonesia, antara lain (1) perlu adanya peraturan yang lebih tegas tentang pembatasan penggunaan anak dalam iklan produk dewasa dari Lembaga Periklanan Indonesia. Penggunaan anak dalam iklan ini sebaiknya hanya sebatas pelengkap, artinya anak-anak tidak memerankan adegan-adegan yang mengarah pada penyampaian pesan komersial (baik langsung maupun tidak langsung) atau menganjurkan pemirsa untuk mengonsumsi produk yang diiklankan. Di sisi lain, pendampingan orang dewasa sangat perlu agar anak-anak tidak terarah menjadi masyarakat konsumtif di masa depan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juddi, Moh. Faidolpriobagosjoyodiningrat@yahoo.co.idB76209168
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Keywords: Eksploitasi Anak; Iklan Televisi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2014
Last Modified: 29 Jul 2021 13:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11173

Actions (login required)

View Item View Item