This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maharani, Iim (2016) Peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS materi semangat kerja melalui teknik probing prompting pada siswa kelas III MI Bahrul Ulum Besur Sekaran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang Penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi semangat kerja, dikarenakan metode guru dalam mengajar masi menggunakan metode ceramah dan penugasan. sehingga siswa sulit dalam memahami pelajaran yang mengakibatkan pemahaman siswa rendah. maka untuk meningkatkan pemahaman tersebut, diambil tindakan pembelajaran dengan penerapan teknik probing prompting. penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Penerapan teknik probing prompting dalam meningkatkan pemahaman pada siswa kelas III MI Bahrul 'Ulum Besur Sekaran Lamongan. (2) Mengetahui peningkatan pemahaman materi semangat kerja setelah menggunakan teknik probing prompting pada siswa kelas III MI Bahrul 'Ulum Besur Sekaran Lamongan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, metode PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin, yaitu satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data dikumpulkan melalui taknik observasi, wawancara, dOkumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan teknik probing prompting berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 72,72% pada siklus I menjadi 95,45% pada siklus II, sedangkan aktivitas guru pada siklus I 62,5% meningkat menjadi 93.75% pada siklus II. (2) Pemahaman siswa meningkat dari rata-rata siswa 55,63 pada pra siklus menjadi 73,63 pada siklus I meningkat menjadi 88 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa dari 27,27% pada pra siklus menjadi 63,63% pada siklus I meningkat menjadi 90,90% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Teknik Probing Prompting | ||||||||
Keywords: | Pemahaman; teknik probing prompting; pembelajaran IPS | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | MAHARANI IIM | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:13 | ||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:50 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13054 |
Actions (login required)
View Item |