This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Miftakhul (2016) Implementasi Teknik Latihan Asertif dalam Mengatasi Perilaku Pasif : Studi Kasus Siswa “X” pada Pelajaran Matematika di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Penulis berusaha untuk mengupas judul tersebut. Dimulai dengan mendeskripsikan tentang siswa “X” yang memiliki perilaku pasif, berikutnya melakukan idendifikasi kasus terhadap siswa “X” , mendiagnosis masalah yang dialami siswa“X”, memberikan terapi teknik latihan asertif dan melakukan evaluasi dan follow up terhadap siswa “X” yang memiliki perilaku pasif.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dikarenakan peneliti ingin mendapatkan sesuatu yang obyekitif dengan mendapat sumber langsung dari guru bimbingan konseling (Konselor), siswa X (klien), wali kelas klien, teman kelasnya. Dalam skripsi ini juga menggunakan studi kasus untuk bisa mengungkapkan kasus siswa secara terperinci.Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil kuesioner dan observasi langsung di kelas peneliti menemukan siswa “X” yang merupakan siswa pasif di kelas pada pelajaran matematika, cenderung pendiam, acuh tak acuh dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya atau berpendapat jika tidak mengerti terhadap suatu materi pelajaran matematika. Maka dari itu, dilakukanlah konseling yang dilakukan konselor dengan menggunakan teknik latihan asertif. Diawali dengan mengidentifikasi kasus, mendiagnosis kasus, memberikan terapi serta evaluasi dan follow up dapat diketahui bahwa siswa tersebut tergolong pasif dalam pelajaran matematika. Dalam proses terapi yang dilakukan siswa “X” dapat mengatasi perilakunya dengan menunjukan perubahan sikap menjadi lebih aktif dan berani untuk mengemukakan pendapatnya pada guru, dari sinilah dapat di simpulkan bahwa implementasi teknik latihan asertif cukup berhasil membantu mengatasi perilaku pasif siswa “X” pada pelajaran matematika
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika Perilaku |
||||||||
Keywords: | Latihan Asertif; Siswa yang Memiliki Perilaku Pasif | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Hidayah Miftakhul | ||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2016 06:41 | ||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2019 04:44 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13703 |
Actions (login required)
View Item |