TATHWIIR AL MAADAH AL TA’LIMIYAH FI DARS AL IMLA’ LI TANMIYAH MAHARAH AL KITABAH : BAHS TATHWIIR FI AL IMLA’ FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYAH “MIFTAHUL ULUM” SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Multazam, Multazam (2014) TATHWIIR AL MAADAH AL TA’LIMIYAH FI DARS AL IMLA’ LI TANMIYAH MAHARAH AL KITABAH : BAHS TATHWIIR FI AL IMLA’ FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYAH “MIFTAHUL ULUM” SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran merupakan hal penting dalam mendukung keberlangsungan pembelajaran dan dasar dari pembelajaran. Materi pembelajaran tersusun atas pengetahuan,
kompetensi, serta alat untuk mengukur kompotensi dasar. Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk membantu guru dalam pembelajaran dan belajar.
Pelajar Indonesia merasa sukar dalam pembelajaran, dan rata-rata mereka kurang dapat menguasai semua kompetensi secara sempurna. Masalah yang dihadapi diantaranya materi
pembelajaran yang kurang cocok. Begitu pun dalam MI Miftakhul Ulum, materi pembelajaran imlak dalam kompetensi menulis tidak terperhatikan. Pengembangan materi ajar dilakukan sebagai solusi masalah-masalah yang dihadapi oleh
siswa, terutama siswa MI Miftakhul Ulum. Dikarenaka materi ajar yang ada di MI Miftakhul Ulum kurang bisa diakomodir dengan baik dan cermat. Dan untuk memudahkan siswa belajar
maka peneliti berusaha mengembangkan materi ajar yang cocok dengan tingkatan dan keadaan siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan penelitian pengembangan. Peneliti telah
melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengembangan materi pembelajaran di MI Miftakhul Ulum. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah
peneliti mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa MI Miftakhul Ulum. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga
menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk siswa MI Miftakhul Ulum.
Peneliti menggunakan pre-test dan post-test. Dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapatkan siswa pre-test 67,4 dan post-test 76,2. Dan peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan anatara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan anatara pre-test dan post-test.
Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar dari T-Tabel (5,499 > 2,262), maka terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test. Maka terdapat efektifitas pengembangan materi ajar dalam pengembangan kompetensi menulis dalam pembelajaran imlak di MI Miftakhul Ulum Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Burhan Djamaluddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Multazam, MultazamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Imla'; Pembelajaran Bahasa Arab; Materi Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2015 06:45
Last Modified: 11 Mar 2015 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item View Item