This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zuhriyah, Nunik (2014) TATHWIIR AL MAWAAD AL TA’LIMIYAH LITANMIYAH MAHARAH AL KALAAM FII AL SHAF “B” BI BARNAAMIJ TA’LIIM AL LUGHAH AL ARABIYAH FII MA’HAD AL JIHAD SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (376kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Arab dibutuhkan bahan ajar atau buku yang relevan agar siswa dapat menguasai bahasa Arab secara sempurna. materi ajar merupakan salahsatu aspek yang sangat penting dan memiliki peranan serta andil tersendiri dalam proses belajar mengajar. tidak hanya berkaitan khusus dengan pengetahuan tapi juga dengan memperoleh pola fikir serta retorika yang digunakan di dalamnya. Semua ini berpengaruh dengan peserta didik.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan materi ajar untuk meningkatkan maharah kalam kelas B di Intensif Pendidikan bahasa Arab pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. Peneliti memilih pondok pesantren Al-Jihad sebagai tempat penelitian karena pondok pesantren Al-Jihad mempunyai kegiatan intensif sejak dahulu serta membutuhkan perencanaan dan materi pembelajaran untuk pengajaran bahasa Arab.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: )1) Bagaimana pengembangan materi ajar untuk meningkatkan maharah kalam kelas B di Intensif bahasa Arab pondok pesantren Al-Jihad Surabaya?, )2) sejauh mana efektifitas pengembangan materi ajar untuk meningkatkan maharah kalam kelas B di Intensif bahasa Arab pondok pesantren Al-Jihad Surabaya?
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D Borg dan Gall, serta menggunakan eksperimen pretest dan posttest dalam pengembangan materi ajar dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan materinya.
Hasil penelitian terangkum sebagai berikut:(1) adanya pengembangan materi ajar yang dihasilkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara kelas B Intensif bahasa Arab pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. )2) dengan materi ajar yang telah disusun, proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan nilai t hitung 8,837 lebih besar dari t tabel dengan tingkat kebenaran 99,9%, Sehingga dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan postest. Sehingga dapat disimpulkan materi ajar efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Zainul Arifin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Materi Pendidikan; Ketrampilan Bahasa | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2015 14:14 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2015 14:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1401 |
Actions (login required)
View Item |