PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH BANU HASYIM JANTI WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Erin (2014) PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH BANU HASYIM JANTI WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Kemandirian dalam belajar perlu bagi siswa Madrasah Tsanawiyah. Namun kenyataannya banyak diantara siswa yang masih tidak memiliki kemandirian dalam belajar. Mereka sering bingung jika menghadapi masalah pembelajaran seperti malu untuk bertanya dalam pembelajaran, pasif dalam kegiatan kelas bahkan tidak memahami cara belajarnya sendiri. Salah satu upaya untuk mengatasi hal-hal tersebut yaitu memberikan layanan pembelajaran bidang bimbingan belajar. Layanan pembelajaran bidang bimbingan belajar merupakan suatu upaya memberikan bantuan pada siswa berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik serta cara mengatasi berbagai kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan pembelajaran bidang bimbingan belajar terhadap kemandirian siswa dalam belajar di Madrasah . Data yang diperoleh melalui subyek, menggunakan instrument angket yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan analisis butir dan uji reliabilitas, sehingga didapatkan r alpha lebih besar daripada r table dengan tingkat reliabilities 0,626 yang berarti reliabel atau dapat dipercaya. Hasil analisis menggunakan statistik deskriptif yaitu jawaban A terbanyak yaitu 247 dengan prosentase sebanyak 82,33% menunjukkan bahwa Layanan Pembelajaran Bidang Bimbingan Belajar di Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo tergolong baik. Jawaban A terbanyak, yaitu 237 dengan prosentase sebanyak 79% menunjukkan Kemandirian Siswa dalam Belajar di Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo tergolong baik. Hasil korelasi “r” product moment antara variabel Layanan Pembelajaran Bidang Bimbingan Belajar (X) dengan Kemandirian Siswa dalam Belajar (Y) menunjukkan hasil yang berpengaruh secara signifikan dan positif di mana hasil rxy atau rhitung lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% adalah 0,468 dan pada taraf signifikan 1% adalah 0,590 yaitu 0,6453 > 0,468 dan 0,590 Sebagai konsekuensi rxy > r

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufiq Subty
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, ErinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Layanan Pembelajaran; Bimbingan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2015 10:17
Last Modified: 06 Apr 2015 10:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1544

Actions (login required)

View Item View Item