Peningkatan kemampuan menghafal mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi lembaga pemerintahan pusat Siswa Kelas IV melalui permainan Lottery Word MI Muhammadiyah 21 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Zumrotun (2017) Peningkatan kemampuan menghafal mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi lembaga pemerintahan pusat Siswa Kelas IV melalui permainan Lottery Word MI Muhammadiyah 21 Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro menunjukkan bahwa kemampuan siswa yang mampu menghafalkan materi Lembaga Pemerintahan Pusat dalam katergori rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian dari 17 siswa hanya 9 siswa yang mampu menghafalkan materi tersebut. Penyebabnya adalah materi pelajaran ini diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik. Solusi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan permainan Lottery Word.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, 1. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan Lottery Word pada mata pelajaran PKn materi Lembaga Pemerintahan Pusat di MI Muhammadiyah 21 Bojonegoro, 2. Untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan menghafal melaui permainan Lottery Word dengan materi Lembaga Pemerintahan Pusat pada mata pelajaran PKn di MI Muhammadiyah 21 Bojonegoro.
Metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah yaitu: 1. Perencanaan (Planning), 2. Tindakan (Acting), 3. Observasi (Observing), 4. Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 21 Bojonegoro dengan jumlah 16 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan selama penelitian yaitu observasi, non tes, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan Lottery Word pada mata pelajaran PKn materi Lembaga Pemerintahan Pusat di MI Muhammadiyah 21 Bojonegoro dapat diterapkan dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya nilai akhir pada lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola kelas pada saat pembelajaran, yaitu 73,43 (Sedang) pada siklus I dan 81,25 (Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa setiap siklusnya, yaitu 73,68 (Sedang) pada siklus I, dan 84,21(Baik) pada siklus II. 2) Kemampuan menghafal melaui permainan Lottery Word dengan materi tersebut pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 61,75 (Sedang) pada siklus I dan 79,68 (Baik) pada siklu II, prosentase kemampuan menghafal pada siklus I 43,75% (Rendah), kemudian meningkat pada siklus II dengan prosentase 87,5% (Sangat Tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Zumrotunzumrotunnisa29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kemampuan Menghafal; Lembaga Pemerintahan Pusat; Permainan Lottery Word
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa' Zumrotun
Date Deposited: 03 May 2017 02:01
Last Modified: 03 May 2017 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16482

Actions (login required)

View Item View Item