This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mas'adah, Luluk (2017) Peningkatan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan pada mata pelajaran IPS melalui metode Course Review Horray di kelas III MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (686kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan di MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik. Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus dari 40 siswa kelas III 19 siswa yang tuntas dalam tes. Penyebabnya adalah siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas karena bosan dengan metode yang digunakan pengajar. Solusi yang peneliti gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah menerapkan metode Course Review Horray. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Course Review Horray dalam meningkatkan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan pada mata pelajaran IPS di kelas III MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode Course Review Horray di kelas III MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 40 siswa kelas III MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis menggunakan butir soal uraian tes pemahaman siswa, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Course Review Horray pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan terhadap aktivitas pembelajaran di kelas III MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik tergolong baik. Skor aktivitas guru adalah 75 (cukup) pada siklus I naik menjadi 85,41 (baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami kenaikan skor dari 65 (cukup) pada siklus I menjadi 87,5 (baik) pada siklus II. 2) Pemahaman siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan di kelas III MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketika pra siklus mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 70,9 (cukup) dan 77 (cukup) pada siklus I menjadi 85,5 (baik) pada siklus II. Persentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 47,5% (sangat tidak baik) pada pra siklus, pada siklus I 72,5% (baik), sedangkan pada siklus II 87,5% (baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | jenis-jenis pekerjaan; pelajaran IPS; metode Course Review Horay | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mas'adah Luluk | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 07:43 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2017 07:43 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16714 |
Actions (login required)
View Item |