Studi korelasi perhatian orang tua dengan prestasi belajar membaca Al Quran di SMP Yos Sudarso Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faqih, M. Ridwan (2012) Studi korelasi perhatian orang tua dengan prestasi belajar membaca Al Quran di SMP Yos Sudarso Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Begitu hebatnya pendidikan agama Islam dalam rangka menyiapkan peserta didiknya yang memiliki kecakapan, mata pelajaran pendidikan agama di sekolah sejak dulu hingga sekarang tetap memperoleh tempat dan perhatian dari pemerintah. Untuk itu, dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka ruang lingkup materi pendidikan agama Islam untuk jenjang SMP sebagaimana tercantum dalam Standar Nasional mencakup lima unsur pokok yaitu: al-Qur'an, keimanan, akhlak, fiqih/ibadah, dan tarikh. Setiap pendidik dalam berbagai tingkat pendidikan perlu mengetahui dan memahami fase-fase pertumbuhan dan perkembangan individu, begitu juga orang tua sebagai pendidik kodrati bagi anak di rumah. Pengetahuan orang tua terhadap fase­ fase, pertumbuhan dan perkembangan anak sangat menentukan terjadinya komunikasi dan interaksi yang baik antar anak dan orang tua, sehingga dengan demikian apa yang diinginkan orang tua dalam pembentukan kepribadian anak menuju kepribadian yang mandiri dapat tercapai. Kemampuan membaca Al-Quran sangat diperlukan bagi siswa dalam rangka memberi bekal untuk dapat menjadi pembuka jalan dan sebagai pengantar bagi ilmu­ ilmu selanjutnya. Disamping itu kemampuan membaca Al-Quran pada gilirannya akan bermuara pada peningkatan ketakwaan dan keimanan, sebab Al-Quran merupakan petunjuk ke jalan yang benar. Keberhasilan belajar siswa, termasuk di dalamnya belajar membaca Al-Quran, sangat ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain adanya dorongan atau motivasi, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Dalam kaitannya dengan yang disebutkan terakhir ini, motivasi orang tua sangat menentukan. Di samping itu keterikatan biologis dan psikologis antara orang tua dan anaknya mempunyai implikasi tanggung jawab secara moral bagi orang tua untuk senantiasa memperhatikan pendidikan anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faqih, M. RidwanUNSPECIFIEDD01208084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaleh, M. HusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Orang tua dan Anak
Keywords: Perhatian orang tua; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:08
Last Modified: 08 Oct 2024 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17702

Actions (login required)

View Item View Item