Analisis Hukum Islam terhadap penerapan tarif Surge Pricing pada sewa taksi online Uber di wilayah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmawati, Febriani (2017) Analisis Hukum Islam terhadap penerapan tarif Surge Pricing pada sewa taksi online Uber di wilayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research). Rumusan masalahnya: Pertama, bagaimana praktek penerapan tarif surge pricing pada sewa taksi online Uber di wilayah Surabaya. Kedua, bagaimana analisis hukum Islam terhadap penerapan tarif surge pricing pada sewa taksi online Uber di wilayah Surabaya .Data penelitian ini dihimpun melalui observasi, wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif. Penelitian ini menggunakan pola pikir deduktif, yang diawali dengan mengemukakan pengertian-pengertian, teori-teori, atau fakta-fakta yang bersifat umum, yaitu ketentuan-ketentuan hukum Islam mengenai Ija>rah dan Upah dalam hukum Islam yang selanjutnya dipaparkan dari kenyataan yang ada di lapangan mengenai praktik penerapan tarif surge pricing pada sewa taksi online Uber di wilayah Surabaya, kemudian diteliti dan dianalisis.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan tarif surge pricing yang diberlakukan oleh Uber pada saat terjadinya jam jam sibuk yang menggunakan prinsip ekonomi persediaan dan permintaan, dimana jika permintaan sedang tinggi sedangkan persediaan tidak mencukupi maka biaya perjalanan otomatis meningkat. Dalam penerapannya biaya perjalanan akan meingkat antara 1.1x – 5.5x lipat. Hal ini terjadi secara tiba tiba dan menjadikan penumpang membayar biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan perjalanan biasa, dan juga hal ini hanya terjadi di wilayah tertentu dan hanya terjadi beberapa menit atau jam saja. Dalam hukum Islam sebernarnya penerapan ini diperbolehkan, akan tetapi harus diberlakukan secara adil, jelas, transparan dan melihat kerelaan antara penumpang dengan driver. Dan dalam hal ini uber juga memberlakukan perjanjian baku yang terdapat pada buku panduan uber yang sedikit menerangkan tentang adanya tarif surge pricing ini, jadi dengan adanya perjanjian baku ini Uber sudah benar dalam penerapan adanya tarif surge pricing ini.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan kepada Uber supaya memberi fasilitas kepada pelanggan untuk juga mengetahui di mana atau akan terjadinya penerapan tarif surge pricing dan kepada pengguna layanan Uber agar jika terkena penerapan tarif surge pricing untuk bersabar menunggu hingga harga kembali normal atau tetap memesan taksi online uber dengan cepat agar tarif tidak semakin naik, dan juga kepada driver agar tidak memanfaatkan keadaan saat terjadinya penerapan tarif surge pricing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmawati, Febrianiferbrianirokhma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: ijarah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rokhmawati Febriani
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:36
Last Modified: 08 Aug 2017 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18564

Actions (login required)

View Item View Item