This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningsih, Sely Purwanti (2017) Profil literasi kuantitatif siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan numerik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (130kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (116kB) |
||
Text
Bab 1.pdf Download (260kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (164kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Download (134kB) |
||
Text
Daftar Puataka.pdf Download (141kB) |
Abstract
Literasi kuantitatif merupakan pengetahuan dan keterampilan individu untuk membaca, menulis, menghitung, mengkomunikasikan, dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi kuantitatif siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan numerik yaitu kemampuan numerik tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP Baitussalam Surabaya yang memiliki kemampuan numerik tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes literasi kuantitatif dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini diperoleh bahwa literasi kuantitatif subjek yang memiliki kemampuan numerik tinggi dalam memecahkan masalah aljabar yaitu pada kemampuan interpretasi dan asumsi masih tergolong sedang. Pada kemampuan representasi, kalkulasi, analisis, dan komunikasi subjek sudah tergolong tinggi. Literasi kuantitatif subjek yang memiliki kemampuan numerik sedang dalam memecahkan masalah aljabar yaitu pada kemampuan analisis tergolong tinggi karena subjek mampu membuat dan menjelaskan kesimpulan. Pada kemampuan asumsi subjek masih tergolong rendah. Subjek yang mempunyai kemampuan numerik sedang pada kemampuan interpretasi, representasi, kalkulasi, dan komunikasi berada pada tingkat sedang. Literasi kuantitatif subjek yang memiliki kemampuan numerik rendah dalam memecahkan masalah aljabar yaitu pada kemampuan interpretasi berada pada tingkatan sedang. Subjek yang mempunyai kemampuan numerik rendah memiliki kemampuan representasi, kalkulasi, analisis, asumsi, dan komunikasi berada pada tingkat rendah
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | literasi kuantitatif; aljabar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | ningsih sely purwanti | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2017 07:23 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2017 07:23 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19204 |
Actions (login required)
View Item |