Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Tarakan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muria Setiawan, Achmad Dedy (2017) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Tarakan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (820kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (561kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB)

Abstract

Latar belakang penelitian didasarkan pada kenyataan yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa Sekolah Menengah Atas yang kurang memperhatikan dalam kebiasaan belajarnya. Dengan asumsi bahwa antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mempunyai hubungan, permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kebiasaan belajar agama terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Tarakan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana kebiasaan belajar agama Islam (X) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tarakan; 2) bagaimana prestasi belajar PAI (Y) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tarakan; 3) apakah ada pengaruh yang cukup signifikan antara kebiasaan belajar agama Islam dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tarakan.
Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 127 responden, menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X dan informasi dokumenter prestasi belajar PAI untuk menjaring data Y. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis
statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan belajar agama Islam siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Tarakan termasuk baik, ditunjukkan oleh nilai rata-rata MX = 75,91. Hal ini menunjukkan bahwa kebiasaan belajar agama Islam termasuk dalam kategori baik karena berada di interval 65,00 – 84,40. (2) prestasi belajar PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Tarakan termasuk baik, ditunjukkan oleh nilai rata-rata MY = 86,66. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar PAI termasuk dalam kategori baik karena berada di interval 89 - 94. (3) terdapat hubungan antara kebiasaan belajar agama Islam dengan prestasi belajar PAI, ditunjukkan oleh koefisien korelasi rXY = +0,269. Hal ini menunjukkan bahwa arah korelasinya positif (koefisien korelasi bernilai positif), yang berarti bahwa semakin baik kebiasaan belajar agama Islam maka semakin baik prestasi belajar PAI dan sebaliknya semakin buruk kebiasaan belajar agama Islam maka semakin buruk prestasi belajar PAI. (4) Adapun besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh kebiasaan belajar agama Islam terhadap prestasi belajar PAI adalah kecil, hal ini ditunjukkan oleh rXY observasi (rXY = 0,269) berada dalam interval 0,20 – 0,399 yang berarti rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muria Setiawan, Achmad Dedyachmaddedyms@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Kebiasaan belajar; Prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Setiawan Achmad Dedy Muria
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:00
Last Modified: 11 Aug 2017 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19255

Actions (login required)

View Item View Item