Analisis kemampuan berpikir matematis siswa berdasarkan Shafer dan Foster dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari lokus kendali siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahdliyah, Dwi Khoirun (2017) Analisis kemampuan berpikir matematis siswa berdasarkan Shafer dan Foster dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari lokus kendali siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Shafer dan Foster merepresentasikan kemampuan berpikir matematis menjadi 3 level yaitu level I (reproduksi), level II (koneksi), dan level III (analisis). Faktor psikologis ikut berperan dalam menentukan level kemampuan berpikir matematis. Salah satunya yaitu lokus kendali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir matematis siswa berdasarkan shafer dan foster dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari lokus kendali siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 subjek siswa berkecenderungan lokus kendali internal dan 3 subjek siswa berkecenderungan lokus kendali eksternal. Data penelitian diperoleh menggunakan tes tulis dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator tiap level kemampuan berpikir matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan lokus kendali internal mampu memecahkan 3 permasalahan aljabar yang memiliki tingkat kesulitan bertahap. Siswa mampu memenuhi seluruh indikator level I untuk permasalahan pertama (tipe reproduksi), mampu memenuhi seluruh indikator level I maupun II untuk permasalahan kedua (tipe koneksi), dan mampu memenuhi seluruh indikator level I, II, maupun III untuk permasalahan ketiga (tipe analisis). Sedangkan hasil analisis siswa dengan lokus kendali eksternal menunjukkan bahwa siswa hanya mampu memecahkan permasalahan aljabar dengan tingkat kesulitan terendah. Siswa hanya mampu memenuhi seluruh indikator level I untuk permasalahan pertama (tipe reproduksi), kedua (tipe koneksi), maupun ketiga (tipe analisis) sehingga belum dikatakan mampu menyelesaikan permasalahan aljabar untuk soal kedua dan ketiga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahdliyah, Dwi Khoirunnahdliyah.dwi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecakapan
Matematika
Psikologi Belajar
Keywords: Kemampuan berpikir matematis; Pemecahkan masalah aljabar; lokus kendali
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nahdliyah Dwi Khoirun
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:07
Last Modified: 14 Nov 2017 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21275

Actions (login required)

View Item View Item