This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wasik, Abd (2015) TATHWIR MAWAD TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH LI MAHARAH AL KITABAH FI AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH KAUKABUDDURI AL MUTAWASITHAH BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (313kB) | Preview |
Abstract
Bahasa Arab merupakan sumber dari berbagai ilmu pengetahuan, dan untuk mendalaminya tidak bisa lepas dari ilmu kaidah bahasa yang diantaranya adalah kaidah imla’ dalam penulisan bahasa Arab. Penelitian ini fokus di pengembangan buku ajar Pelajaran Bahasa Arab untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah karya DR. Hidayat, yang diterbitkan oleh PT. Karya Toha Putra Semarang, yang mana di dalamnya kebanyakan tentang keterampilan membaca dan mendengar, dan sedikit latihan dalam keterampilan menulis terutama kaidah imla’.
Materi yang dikembangkan ini dapat membantu siswa dalam pengembangan keterampilan menulis arab sesuai dengan kaidah imla’, sehingga mereka dapat mempelajari keterampilan tersebut dengan baik, dan produk ini mendukung mereka mempelajari bahasa Arab di dalam dan di luar kelas, dan materi yang dikembangkan ini supaya meningkatkan perhatian mereka terhadap konten dan isi daripada materi itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanatitaif dan jenis penelitian yang dipakai adalah Research and Development, yakni pengembangan bahan ajar dalam keterampilan menulis bahasa Arab, metode penelitian yang dipakai para peneliti untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Dan pengembangan ini fokus kepada keterampilan menulis bahasa Arab.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan bahan ajar dari aspek kaidah imla’ membantu membiasakan siswa dalam pelajaran menulis. Hal ini juga diketahui dari hasil dari kuesioner, dan %52937 murid mengomentari bahwasanya penerapan pembelajaran ini baik dan dapat membantu mereka membiasakan menulis. Hal ini terlihat dari data analisis dari product moment yang menyebutkan angka %0, nilai ini terletak antara 00-%0. Ini menunjukkan bahwa ada efek dalam pengajaran menulis yang sesuai dengan kaidah
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Afif Azhari | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Keterampilan Pendidikan |
||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Bahasa Arab; Keterampilan; Menulis | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2016 08:35 | ||||||
Last Modified: | 07 Jan 2016 08:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3108 |
Actions (login required)
View Item |