STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN ETOS KERJA PADA PT. BANK PANIN SYARIAH KANTOR CABANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Fahreza Rizky (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN ETOS KERJA PADA PT. BANK PANIN SYARIAH KANTOR CABANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Bagi Hasil di Restoran “Sederhana” Surabaya dalam Perspektif Balanced Scorecard” ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang implementasi bagi hasil (mud}a>rabah) di Restoran “Sederhana” Surabaya dan implikasi implementasinya terhadap kinerja perusahaan. Selama ini penilaian kinerja pada restoran tersebut masih berfokus hanya menggunakan ukuran keuangan. Oleh sebab itu, penilaian kinerja menggunakan Balanced Scorecard dengan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menawarkan solusi yang lebih menyeluruh dan komprehensif dalam suatu organisasi.
Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya diolah dan dianalisis dengan pola pikir induktif yang berarti pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti, dianalisis, dan disimpulkan sehingga pemecahan persoalan atau solusi tersebut dapat berlaku secara umum. Pengumpulan data diperoleh dari pembukuan laporan keuangan dan nonkeuangan Restoran “Sederhana” Surabaya pada periode 5 hingga 9. Periode tersebut diteliti karena operasional restoran telah berjalan dengan stabil dan telah berdiri di tahun kedua. Kemudian data didukung wawancara dengan informan manajemen Restoran “Sederhana” Surabaya dan pelanggan, serta diperdalam dengan observasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi bagi hasil di Restoran “Sederhana” Surabaya menerapkan sistem bagi hasil antara pemilik dana dan pengelola dana. Persentase keuntungan adalah 50% untuk pengelola dana dan 50% untuk pemilik dana. Pada perspektif keuangan menghasilkan kenaikan penjualan antara rencana kerja yang disepakati dengan hasil penjualan yang diperoleh dalam periode yang diteliti. Hasil penilaian perspektif pelanggan yang diperoleh baik, yakni peningkatan pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap produk dan jasa dari restoran. Perspektif binis internal menghasilkan tiga proses usaha utama yaitu inovasi produk, proses operasi, dan purna jual produk. Tolak ukur perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menghasilkan kepuasan karyawan, kemampuan sistem informasi dan pemberian motivasi. Keempat perspektif dapat diaplikasikan dengan baik oleh Restoran “Sederhana” Surabaya. Sedangkan, implikasi implementasi dari Balanced Scorecard di Restoran “Sederhana” Surabaya terhadap kinerja restoran dapat dilihat dari sisi keuangan yang didasarkan pada laporan keuangan. Terdapat kenaikan penjualan rata-rata restoran dari periode 5 hingga 9. Kenaikan penjualan berdampak pada pengembalian modal return on investment (ROI) yang baik. Implikasi dari implementasi Balanced Scorcard juga berpengaruh pada citra restoran di mata pelanggan, kenaikan pendapatan karyawan sehingga integritas, dan semangat kerja karyawan dalam mengelola usaha restoran meningkat.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka implementasi bagi hasil membutuhkan dorongan atau semangat dari semua pihak, yakni dengan menekankan motivasi bekerja dan tanggung jawab untuk melayani pelanggan. Motivasi bekerja tersebut diterapkan melalui pemahaman tentang praktik cara pelayanan yang baik terhadap pelanggan karena sehari-hari karyawan akan dihadapkan dengan pelanggan yang berbeda-beda.
Kata kunci: Bagi hasil, Kinerja, Balanced Scorecard

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Yazid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Fahreza RizkyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Manajemen Strategi
Keywords: SDM; Etos Kerja; Bank Panin Syariah;
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2016 05:22
Last Modified: 14 Jan 2016 05:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item