PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN FIQIH MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA GAYAMAN MOJOANYAR MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hijriyah, Mufidatul (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN FIQIH MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA GAYAMAN MOJOANYAR MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Dalam mencapai prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah (MI), khususnya di Kelas V masih banyak mengalami kesulitan. Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran salah satunya adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa khususnya pelajaran Fiqih.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimanakah prestasi belajar fiqih kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto sebelum diterapankan pendekatan Contextual Teaching and Learning? b. Bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan Prestasi belajar Fiqih siswa V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto ? c. Bagaimana peningkatan prestasi belajar Fiqih siswa kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto setelah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: a. untuk mengetahui prestasi belajar fiqih kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto sebelum diterapankan pendekatan Contextual Teaching and Learning . b. Untuk mengetahui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan Prestasi belajar Fiqih siswa V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto. c. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Fiqih siswa kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto setelah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning
Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara dan tenaga kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Darul Huda Gayaman Mojoanyar Mojokerto mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning yaitu nilai ketuntasan belajar dari 63,33 % pada siklus I menjadi 90 % pada siklus II

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hijriyah, MufidatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan
Keywords: Pendekatan CTL; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 15 Jan 2016 06:35
Last Modified: 15 Jan 2016 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item