This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muslimah, Maziyyatul (2015) TATHWIIR NAMUDZAJ TA'LIIMII AL LUGHAH AL ARABIYAH LIGHAIRI NATHIQIIN BIHAA ALAA DHAU' NADHARIYAH STIFIN : AL BAHS WA AL TATHWIIR BI AL TATHBIIQ ALA MUTA'ALLIMII AL FASHL AL AUWAL BI MADRASAH AL ALSUN LIL ABHATS AL ALSINIYAH WA AL DIRASAAT AL ARABIYAH BI SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (467kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena model pembelajaran yang tidak sesuai dengan keperibadian pelajar yang menjadi masalah dalam pembelajaran Bahasa Arab. Pelajar menganggap Bahasa Arab sebagai pelajaran yang sulit, membosankan, dan kurang bersemangat. Teori STIFIn sebagai teori keperibadian yang menjadi obyek peneliti meyakini bahwa setiap individu memiliki kemampuan untuk menjadi hebat pada bidang-bidang tertentu, jika pengajar fokus pada pengembangan keahlian alamiah pelajar tanpa memaksakan pelajar untuk menguasai keahlian yang bukan bidangnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan model pembelajaran bahasa arab, karakteristik, dan efektifitas penerapannya pada pembelajaran keterampilan membaca naskah Bahasa Arab di Level 1 Madrasatul Alsun Sidoarjo. Peneliti menggunakan model penelitian R & D dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan membahasnya.
Dari data-data yang diperoleh dalam penelitian, peneliti berhasil mengembangkan model pembelajaran Bahasa Arab berbasis teori STIFIn dalam format buku panduan mengajar yang terdiri dari penjelasan singkat tentang teori STIFIn, model pembelajaran Bahasa Arab berbasis teori STIFIn, dan contoh desain pembelajaran model STIFIn. Produk ini telah divalidasi oleh empat ahli dan praktisi pendidikan dan mendapat nilai validitas 87% yang berarti “baik”. Artinya, model pembelajaran Bahasa Arab berbasis teori STIFIn dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Untuk mengukur efektifitas, peneliti telah menganalisis hasil pre-test dan post test menggunakan rumus t test dengan hasil t hitung 4,700 lebih besar dari t tabel 2,109 yang berarti penggunaan model pembelajaran Bahasa Arab di Madrasatul Alsun Studi Lisan dan Bahasa Arab di Sidoarjo mendapat hasil yang efektif
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nashiruddin Idris Jauhar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; Bahasa Arab; Berbasis Teori STIFin | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2016 03:46 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2016 03:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3749 |
Actions (login required)
View Item |