PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAM-GAME-TOURNAMENT) PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUMPUT KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyas, Aliyas (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAM-GAME-TOURNAMENT) PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUMPUT KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Peningkatan prestasi belajar perkalian dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game-Tournament (TGT) menjadi salah satu alternatif pendekatan dan model pembelajaran matematika. Melihat kondisi pembelajaran matematika pokok bahasan Perkalian dua angka dan tiga angka diusulkan dalam penelitian ini diterapkan Peningkatan prestasi belajar perkalian dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah (1) menelaah peningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan pembelajaran yang menerapkan pendekatan dan model tersebut di atas, (2) Menelaah perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan dan model tersebut dibanding pembelajaran yang menerapkan pendekatan problem posing dengan metode konvensional
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III MI Nurul Huda Sumput Kec.Driyorejo,Gresik, tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 32 peserta didik dalam 1 kelas. Variabel bebas adalah Peningkatan prestasi belajar perkalian dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dideskriptifkan dan diolah dengan hasil analisis uji t dua sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Peningkatan prestasi belajar perkalian dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game-Tournament (TGT) (1) secara signifikan mengalami peningkatan pada hasil belajar matematika dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menerapkan Peningkatan prestasi belajar perkalian dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding pembelajaran yang menerapkan Peningkatan prestasi belajar perkalian dengan metode konvensional dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 yang berarti lebih kecil dari 0,05

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hisbullah Huda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyas, AliyasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi berlajar; Pembelajaran Kooperatif; Tipe Team-Game-Tournament (TGT); Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:53
Last Modified: 21 Jan 2016 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3771

Actions (login required)

View Item View Item