Peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia materi membaca puisi melalui media Kartu Puisi pada siswa Kelas III MI As Shibyan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Harum Ita Puspa (2015) Peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia materi membaca puisi melalui media Kartu Puisi pada siswa Kelas III MI As Shibyan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang pembelajaran Bahasa Indonesia yang membosankan dan kurang menarik. Apalagi siswa cenderung malas membaca buku dan selalu sering menanyakan jawaban dari soal yang ada di LKS. Kemampuan kompetensi dasar siswa membaca puisi kurang baik, dengan nilai 63% di bawah KKM. Banyak siswa yang kurang tertarik pada materi tersebut, sehingga siswa kurang memiliki motivasi belajar. Selain itu, peneliti melihat adanya kekurangan penggunakan media yang kurang diterapkan oleh guru saat pembelajaran. Peneliti mencoba menerapkan media kartu puisi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI As-Shibyan Gresik pada kelas III yang berjumlah 18 siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan media kartu puisi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman pada materi membaca puisi di kelas III Mi As-shibyan Gresik? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas III Mi As-shibyan Gresik setelah kartu puisi diterapkan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan penelitian data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengmatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, lembar kerja, dan dokumentasi. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan rumus persentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70. Hasil penelitian yang diperoleh di sekolah MI As-Shibyan Gresik melalui media kartu puisi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan angket pra siklus skor perolehan 63 dengan persentase motivasi rendah 16,67%, terjadi karena siswa memiliki motivasi rendah saat pembelajara. Untuk angket siklus I skor perolehan 75 dengan persentase 61,11%. Pada siklus I siswa semangat belajarnya meningkat, namun masih ada beberapa siswa yang belum semangat dalam belajar, sebab penerapan media dan RPP kurang maksimal. Sedangkan untuk angket siklus II skor perolehan 84,33 dengan persentase 88,88%, siswa sudah terkondisikan dan motivasi belajar mereka lebih meningkat dibanding siklus sebelumnya. Sebab penerapan media sudah maksimal dan rencana pembelajaran telah diperbaiki, sehingga siswa semangat belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Harum Ita Puspa--D07211006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharoti--2006067301
Subjects: Motivasi Belajar
Puisi
Keywords: Motivasi Belajar; Puisi; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 01:54
Last Modified: 10 Feb 2020 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item