This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wahyuni, Kurnia (2015) Fa'aliyah Istikhdam Mudawwanah Blog Kawasilah Ta'lim al Lughoh al 'Arabiyah li Tarqiyah Maharoh al Qiro'ah li al Fadl al Sabi' bi Madrasah Jati Agung Wage al Mutawassithoh Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (931kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (698kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran hendaknya kita menggunakan metode pembelajaran yang relevan, metode adalah serangkaian kegiatan yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan tertentu, dan juga penggunaan media adalah slah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan blog adalah salah satu media yang mempunyai peranan penting dalam media pembelajaran modern, yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa para siswa. Blog identik dengan keterampilan membaca, oleh karena itu penulis berpandangan bahwa penggunaan blog dapat meningkatkan keterampilan membaca para siswa. Dari itu peneliti ingin mengkaji hal tersebut dengan cara mengetahui efektifitas penggunaan blog sebagai media pembelajaran yang digunakan, penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Jati Agung Wage Sidoarjo.
Peneliti menemukan berbagai permasalahan, diantaranya adalah bagaimana penggunaan blog sebagai media pembelajaran bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan membaca dan bagaimana meningkatkan kemampuan membaca siswa SMP Jati Agung Wage. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif serta eksperimen dengan menggunakan pre test dan post test pada kelas tujuh B Sekolah Menengah Pertama Jati Agung Wage Sidoarjo tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah peneliti mengetahui keefektifan blog sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemempuan membaca, di teliti di kelas tujuh B SMP Jati Agung Wage Sidoarjo. Dampak yang dihasilkan para siswa bisa mengikuti pembelajaran, giat dan menyenangkan. Media ini bisa meningkatkan keefektifan pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yang mencapai 63,70 dan nilai rata-rata posttest mencapai nilai 85,37, sehingga ada peningkatan 21,67.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Baihaqi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran Tehnik Informatika |
||||||
Keywords: | Blog; Blog Sebagai media pembelajaran; Keterampilan membaca; Tes | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2016 02:14 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2016 02:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4154 |
Actions (login required)
View Item |