PENGARUH EVALUASI FORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SLTP NEGERI 4 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kadir, Abdul (2000) PENGARUH EVALUASI FORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SLTP NEGERI 4 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (969kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama Pendidikan Islam adalah membina dan mendasari kehidupan anak-anak didik dengan nilai-nilai agama dan sekaligus mengajarkan ilmu agama lslam, sehingga ia mampu mengamalkan syari'at lslam secara benar sesuai pengetahuan agama. Dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil atau prestasi belajar para siswa disetiap jenjang dan tingkat pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumber daya manusia Indonesia yang dapat menunjang pembangunan nasional. Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila tujuan intruksional khusus (TIK)-nya dapat tercapai. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan evaluasi formatif pendidikan agama Islam dan prestasi belajar siswa serta sejauh mana pengaruh evaluasi formatif pendidikan Islam terhadap prestasi belajar siswa di SLTP Negeri 4 Sidoarjo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi formatif pendidikan agama Islam dan prestasi belajar siswa serta sejauh mana pengaruh evaluasi formatif pendidikan Islam terhadap prestasi belajar siswa di SLTP Negeri 4 Sidoarjo.
Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan evaluasi formatif di SLTP Negeri 4 Sidoarjo adalah termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dari hasil prosentase responden sebesar 68,13 %. Kedua, keadaan prestasi belajar di SLTP Negeri 4 Sidoarjo adalah cukup baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase responden sebesar 66,07 %. Ketiga, adapun tingkat pengaruh evaluasi formatif pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SLTP Negeri 4 Sidoarjo menunjukan yang rendah, hal ini terbukti dari hasil nilai (koefisien kontingensi) sebesar 0,26.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Bawani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kadir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Evaluasi Formatif; Pendidikan Agama Islam; Prestasi Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2016 02:52
Last Modified: 01 Feb 2016 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item