PENGARUH FAKTOR KEBUTUHAN, KELOMPOK REFERENSI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KJKS BMT MANDIRI SEJAHTERA CABANG DUKUN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Fasilatul (2015) PENGARUH FAKTOR KEBUTUHAN, KELOMPOK REFERENSI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KJKS BMT MANDIRI SEJAHTERA CABANG DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisis yaitu analisis regresi linier berganda dengan uji F dan t. Sedangkan untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian diketahui bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel faktor kebutuhan, kelompok referensi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan mura>bah}ah di KJKS BMT Mandiri Sejahtera Cabang Dukun Gresik. Hal ini terlihat dari nilai fhitung dan thitung yang lebih besar daripada nilai ftabel dan ttabel. Secara simultan, variabel faktor kebutuhan, kelompok referensi, dan promosi mempunyai nilai Fhitung sebesar 7,861 > Ftabel sebesar 2,723 dan memiliki nilai signifikansi < 0,05 yang berarti signifikan. Secara parsial, variabel kebutuhan memiliki nilai thitung sebesar 2,422 > ttabel 1,991, variabel kelompok referensi memiliki nilai thitung 3,023 > ttabel 1,991, variabel promosi memiliki nilai thitung sebesar 2,610 > ttabel 1,991 dan masing-masing memiliki nilai signifikansi < 0,05 yang berarti mempunyai pengaruh yang signifikan.
Sedangkan variabel yang dominan pada penelitian ini adalah kelompok referensi, hal ini terlihat dari nilai thitung yang mempunyai nilai yang paling tinggi daripada nilai thitung variabel yang lainnya. Adapun nilai R2 sebesar 0,234 atau 23,4% yang artinya bahwa sebesar 23,4% variabel Kebutuhan (X1), Kelompok Referensi (X2), dan Promosi (X3) memiliki kontribusi terhadap keputusan pembiayaan mura>bah}ah di BMT Mandiri Sejahtaera Cabang Dukun Gresik (Y). Sedangkan sisanya sebesar 78,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.
Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka kepada KJKS BMT Mandiri Sejahtera Cabang Dukun disarankan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat/anggota tentang sistem ekonomi Islam sehingga diharapkan lebih banyak masyarakat/anggota menggunakan produk BMT, khususnya pembiayaan mura>bah}ah yang nantinya dari masyarakat yang sudah menggunakan pembiayaan mura>bah}ah akan menjadi kelompok acuan (referensi) bagi masyarakat yang lainnya dan bagi peneliti selanjutnya agar nantinya meneliti variabel lain diluar variabel keputusan konsumen yang telah diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nurlailah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, FasilatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Muamalat Muamalah
Keywords: kebutuhan; kelompok referensi; promosi; keputusan pembiayaan murabahah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2016 03:53
Last Modified: 02 Feb 2016 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4372

Actions (login required)

View Item View Item