This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fajriati, Nur Walida (1999) Problema pengelolaan lembaga pendidikan Islam: studi kasus di MIM I Kepanjen Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (491kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya, tentang pengelolaan lembaga pendidikan Islam di Indonesia khususnya, banyak mengalami permasalahan, misalnya dalam bidang personalia juga tentang penyediaan tenaga pengajar atau guru. Banyak guru yang digaji pemerintah berbuat semena-mena akan tugas dan kewajibannya, apalagi jika mengajar di lembaga pendidikan Islam yang berstatus swasta dengan dana pendidikan yang pas-pasan atau bahkan minim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan lembaga pendidikan Islam, apa saja problema yang dihadapi dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam, mengapa problema tersebut bisa terjadi dan bagaimana pemecahan masalahnya di MIM I Kepanjen Jombang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan lembaga pendidikan Islam, mengetahui problema yang dihadapi dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam, mengetahui penyebab problema tersebut bisa terjadi dan mengetahui pemecahan masalah di MIM I Kepanjen Jombang.
Metodologi penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Sedangkan jenis datanya adalah keseluruhan data yang diperlukan dalam menjawab permasalahan yang ada. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah Metode observasi, Metode interview atau wawancara, Metode dokumenter dan telaah bahan pustaka yang berkaitan langsung dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pengelolaan lembaga pendidikan Islam di MIM I kepanjen terdiri dari tujuh bidang, yang kesemuanya membutuhkan pengelolaan dengan baik demi tercapainya tujuan dari madrasah tersebut. Kedua pengelolaan di MIM I Kepanjen banyak menghadapi problema-problema yang harus dicari jalan keluar terbaik. Ketiga, ada 4 hal yang menyebabkan timbulnya problem yang dihadapi yakni pesatnya perkembangan IPTEK, lemahnya ketegasan dari manajer, kurangnya pengawasan dan komunikasi dengan pihak yayasan dan minimnya loyalitas para pengelola. Keempat, pemecahan problema adalah dengan mendapatkan jalan keluar dan masukan dari PDM, kepala sekolah dan pengelola yayasan iu sendiri, dengan melihat kondisi madrasah tersebut
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Imam Bawani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Lembaga Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2016 06:38 | ||||||
Last Modified: | 24 Sep 2021 06:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4390 |
Actions (login required)
View Item |