I’DAD MADAH TA’LIM MAHARAH AL ISTIMA’ LI AL FASHL AL ‘ASYAR MIN AL MUSTAWA AL TSANAWI : AL BATHS WA AL TATHWIR BI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL MUTAMAYIZAH “HARAPAN UMMAT” AL TABI’AH LI AL MA’HAD DARUL HIKAM TAMBAK SURUH TAMBAK AGUNG PURI MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Nahdiyatul (2015) I’DAD MADAH TA’LIM MAHARAH AL ISTIMA’ LI AL FASHL AL ‘ASYAR MIN AL MUSTAWA AL TSANAWI : AL BATHS WA AL TATHWIR BI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL MUTAMAYIZAH “HARAPAN UMMAT” AL TABI’AH LI AL MA’HAD DARUL HIKAM TAMBAK SURUH TAMBAK AGUNG PURI MOJOKERTO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar Pelajaran Bahasa Arab dalam keterampilan mendengarkan. Karena dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan mendengarkan di sekolah SMA Unggulan Harapan Ummat Mojokerto terdapat beberapa kesulitan dan sedikit pengetahuan siswa dalam menguasai ilmu ashwat dan istima’ dalam materi bahasa Arab. Dikarenakan kurangnya minat siswa dalam materi yang didengarkan dari kitab sebelumnya. 1. Tujuan kitab ini adalah mengembangkan materi bahasa Arab untuk mengetahui perbedaan huruf hijaiyah yang hampir sama pengucapannya. Membedakan huruf panjang dan pendek, membedakan huruf yang brtasydid dan tidak. Mengetahui dan membedakan makna kata sesuai dengan gambar. Memahami isi hiwar dengan baik. Penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan ( R & D ) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan menghasilkan dan mengetahui seberapa besar efektifitas bahan ajar yang kita desain. Instrumen penelitian yang digunakan adalah ikhtibar tes , angket dan wawancara. Setelah penulis mendesain bahan ajar , kemudian akan dilakukan uji coba bahan ajar tersebut terhadap siswa dan menganalisa seluruh data sehingga penulis mendapatkan kesimpulan dan mendapatkan penilaian dari tim ahli sebesar 87,2 untuk desain kitab , sebesar 83,3 untuk kosakata, sebesar 83,3 untuk tarkib, sebesar 87,5 untuk istima’ dan 75 untuk jenis kegiatan dalam pembelajaran . 2. Bahan ajar tersebut sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa SMA kelas X , hal ini berdasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan yang signifikan 24,38 % dari prosentase nilai pretest 58,16 menjadi 82,77 dalam nilai posttest. Hal ini sangatlah terlihat bahwa ada peningkatan siswa dalam pembelajaran maharoh istima’ dengan menggunakan bahan ajar yang baru ini. Begitu juga hasil analisa diperkuat dari angket dan wawancara yang memiliki kesimpulan sama dengan hasil signifikan dari analisa tes

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Nasaruddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, NahdiyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar; Pembelajaran; Keterampilan; Mendengarkan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2016 02:57
Last Modified: 05 Feb 2016 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4504

Actions (login required)

View Item View Item