Pengaruh Implementasi Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X IIs-1 di SMA Al-Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qadarisman, Nafilatur Rahmah (2016) Pengaruh Implementasi Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X IIs-1 di SMA Al-Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah, yaitu : (1) Bagaimana langkah-langkah implementasi metode discovery learning di kelas X IIS-1 di SMA Al-Falah Surabaya?, (2) Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas X IIS-1 di SMA Al-Falah Surabaya?, (3) Bagaimana pengaruh implementasi metode discovery learning terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X IIS-1 di SMA Al-Falah Surabaya?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes dan interview sebagai teknik pengumpulan data. Data yang dikumpulkan yakni gambaran umum dari SMA Al-Falah Surabaya dan hasil belajar PAI siswa kelas X IIS-1. Kemudian data hasil belajar dianalisis menggunakan SPSS dengan rumus statistik deskriptif dan paired sample t test agar mendapat hasil analisis yang akurat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari implementasi metode discovery learning. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari sebelum dan sesudah menggunakan metode discovery learning. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 20, ditemukan harga signifikansi 0,05 sebesar 1,694 sedangkan pada taraf signifikansi 0,025 sebesar 2,037 dengan N sebesar 33. T hitung yang diperoleh sebesar -5,664 dengan besarnya tt signifikansi 0,05 sebesar 1,694, signifikansi 0,025 sebesar 2,037, maka dapat diketahui bahwa t hitung (to) adalah lebih besar daripada t tabel (tt). Sedangkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,590 adalah lebih besar daripada 0,05. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan Hipotesis nijil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti ada pengaruh implementasi metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS-1 di SMA Al-Falah Surabaya.

Kata kunci : discovery learning, hasil belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qadarisman, Nafilatur Rahmah-D71212139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Discovery Learning; Hasil Belajar; Al Falah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nafilatur Rahmah Qadarisman
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:48
Last Modified: 10 Jan 2020 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item